Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA BANDUNG: Abe Sesali Perang Jepang

Penyesalan terhadap perang terakhir yang melibatkan Jepang, membuat negara tersebut akan selalu mendukung seluruh negara Asia dan Afrika yang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 22 April 2015  |  18:02 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Penyesalan terhadap perang terakhir yang melibatkan Jepang, membuat negara tersebut akan selalu mendukung seluruh negara Asia dan Afrika yang berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya

Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang, mengatakan pihaknya akan selalu berdiri di depan bersama negara Asia dan Afrika yang ingin mendapatkan perdamaian dan kemakmuran seperti yang telah tertuang dalam Prinsip Bandung.

“Dengan penyesalan yang sangat mendalam atas perang yang terakhir, Jepang berjanji akan mengikuti seluruh komitmen untuk menciptakan perdamaian dan kemakmuran dalam kondisi apapun,” katanya di JCC, Jakarta, Rabu (22/4).

Abe menuturkan pihaknya telah melakukan berbagai langkah untuk merealisasikan komitmennya mendukung kemakmuran dunia. Hal tersebut dimulai pada 60 tahun lalu saat membantu petani lokal di India untuk mengoperasikan mesin.

Aksi tersebut dilanjutkan dengan upaya mengatasi penyakit ternak di Srilangka yang cukup meresahkan. Di Afrika, jepang berupaya membangun industri manufaktur di kawasan tersebut dengan membangun sejumlah pabrik.

 “Di Ethiopia kami berhasil meningkatkan produktivitas tenaga kerjanya,” ucapnya.

Selain itu, Jepang juga melaksanakan Tokyo International Conference on Afrika Development (TICAD) yang mengundang kepala negara dari negara-negara di Afrika untuk membicarakan kerja sama yang dapat segera ditindaklanjuti.

Tahun depan, rencananya TICAD akan dilaksanakan di Afrika. Hal tersebut memungkinkan Jepang dan negara Afrika lainnya mengetahui lebih luas mengenai investasi apa saja yang diperlukan di kawasan tersebut ke depannya.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pm abe
Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top