Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK Dukung Budi Gunawan Jadi Wakapolri

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi terpilihnya Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia.
Komjen Pol Budi Gunawan/Antara
Komjen Pol Budi Gunawan/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi terpilihnya Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan menjadi Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia.

Kalla mengatakan Presiden Joko Widodo tak keberatan jika Komjen Budi Gunawan didapuk menjadi Wakapolri mendampingi Badrodin Haiti yang sebelumnya dilantik sebagai Kapolri pekan lalu.

“Pak Jokowi juga tidak keberatan [Budi Gunawan menjadi Wakapolri],”tegasnya, Selasa(21/4/2015).

Menurut dia, Budi Gunawan layak menjadi ‘pendamping’ Kapolri karena sebelumnya pun telah dinyatakan layak menjadi pucuk pimpinan di institusi keamanan nasional tersebut.

Selain itu, sambungnya, Budi Gunawan juga telah mendapat dukungan dari dewan perwakilan rakyat (DPR) untuk menempati jabatan tersebut.

“Jangankan Wakapolri, [menjadi] Kapolripun DPR setuju BG [Budi Gunawan], apa kurangnya, justru kita sangat apresiasi,”ungkapnya.

Dia menilai Budi Gunawan akan siap menjalankan tugasnya, baik menjadi Kapolri maupun sebagai Wakapolri.

“Saya bilang Kapolri pun tepat, apalagi Wakapolri. Artinya siap untuk menjalankan tugas itu. apa kurangnya BG sudah?”tanya Kalla kepada rekan wartawan.

Terkait adanya kasus dugaan korupsi yang menyandung langkah Budi Gunawan, Kalla menanggapi hal itu sudah tak seharusnya dipersoalkan.

Pasalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjalankan tugasnya dengan berdiri di atas hukum, sementara Budi Gunawan sudah dinyatakan tak memiliki persoalan hukum

Sebelumnya, Indonesia Police Watch (IPW) dalam keterangan tertulis menyebut Komjen Budi Gunawan terpilih menjadi Wakapolri dalam sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti).

Posisi Kepala Lembaga Pendidikan Polri yang ditinggalkan Budi Gunawan diganti oleh Irjen Syafruddin dari Akpol 85.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lavinda
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper