Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sentimen Negatif Jokowi Melonjak. Ada Apa?

Media monitoring Awesometrics melaporkan bahwa sentimen negatif terhadap Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan. Sebaliknya, sentimen positifnya terjun bebas.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 21 April 2015  |  14:55 WIB
Tren sentimen negatif terhadap Presiden Jokowi terus meningkat. - Awesometrics
Tren sentimen negatif terhadap Presiden Jokowi terus meningkat. - Awesometrics

Bisnis.com, JAKARTA— Media monitoring Awesometrics melaporkan bahwa sentimen negatif terhadap Presiden Joko Widodo mengalami peningkatan. Sebaliknya, sentimen positifnya terjun bebas.

“Ini tentunya bukan kabar baik untuk sosok yang sudah menjabat Presiden RI selama setengah tahun ini,” demikian tulis Awesometrics dalam siaran pers, Selasa (21/4/2015).

Kenaikan sentimen negatif salah satunya ada isu bahwa mantan calon Kapolri, Komjen Pol Budi Gunawan, bakal dijadikan menteri oleh Presiden Jokowi. Kabar itu kencang beredarhari ini, dan statusnya banyak di-retweet.

“Strategi Jokowi menjadikan Budi Gunawan Menteri di Kabinet KERJA has been chirpified,” demikian tulis akun @polisipatung. Tulisan kumpulan tweet itu di-retweet hingga mencapai 1.542 kali.

Hasil riset yang mengatakan cukup banyak masyarakat yang tidak puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi dan isu reshuffle juga salah satu status yang dibahas di dunia maya hari ini.

Curhatan Jokowi soal keluhan masyarakat terhadap kinerjanya malah mendapat banyak tanggapan negatif dari publik di Facebook.

Sementara itu, percakapan tentang Jokowi selama sepekan ini di Twitter malah cenderung tidak ada peningkatan yang signifikan, dan bahkan di Facebook cenderung flat, kendati sedang ada perhelatan Konferensi Asia Afrika 2015 yang semestinya justru makin meningkatkan mention Jokowi.

Bila dibandingkan dengan sepekan sebelumnya, mention soal Jokowi di multiplatform lebih tinggi pada periode 7 April hingga 14 April ketimbang periode 14 April hingga 21 April 2015.

Akun @chirpstory menjadi top influencers untuk percakapan negatif tentang Jokowi sepekan ini, hingga menyaingi dominasi @kurawa yang masih cenderung positif terhadap Jokowi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jokowi
Editor : Hendri Tri Widi Asworo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top