Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hari Ini Menlu Peserta KAA Bahas Strategi Baru Kemitraan (NAASP)

Para menteri luar negeri peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) akan membahas the New Asian African Strategic Partnership, sebagai tindak lanjut dari Pesan Bandung.
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 20 April 2015  |  09:47 WIB
Delegasi Asian African Senior Official Meeting (SOM) mengikuti sesi foto dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika 2015, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/4/2015). Rangkaian kegiatan KTT Asia Afrika 2015 tersebut akan diikuti delegasi dari 89 Negara dan dimulai Minggu (19/4/2015) hingga Jumat (24/4/2015) di Jakarta dan Bandung. - Antara
Delegasi Asian African Senior Official Meeting (SOM) mengikuti sesi foto dalam rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Asia Afrika 2015, di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu (19/4/2015). Rangkaian kegiatan KTT Asia Afrika 2015 tersebut akan diikuti delegasi dari 89 Negara dan dimulai Minggu (19/4/2015) hingga Jumat (24/4/2015) di Jakarta dan Bandung. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA—Para menteri luar negeri peserta Konferensi Asia Afrika (KAA) akan membahas the New Asian African Strategic Partnership, sebagai tindak lanjut dari Pesan Bandung.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan KAA akan memberi waktu lebih banyak kepada para menteri luar negeri untuk membahas the New Asian African Strategic Partnership.

Diskusi tersebut akan menentukan bagaimana langkah yang diambil untuk meningkatkan kemitraan antar-negara di Asia dan Afrika.

“The New Asian African Strategic Partnership sangat penting artinya, karena inilah yang akan memuat bagaimana kami mengimplementasikan Pesan Bandung,” katanya di JCC, Jakarta, Senin (20/4).

Retno menuturkan pembahasan the New Asian African Strategic Partneship akan dipimpin langsung oleh dirinya. Menteri Luar Negeri Afrika Selatan Maite Emily Nkoana-Mashabane bertindak sebagai co-chair.

Menurutnya, pertemuan kali ini juga akan membahas beberapa dokumen yang telah selesai dibahas dalam senior officials meeting kemarin.

Dokumen tersebut nantinya akan disampaikan kepada pemimpin negara peserta KAA dan dibahas kembali untuk disepakati pada Konfernsi Tingkat Tinggi yang dilaksanakan pada 23 April 2015.

“Kami akan sedikit membahas dan melihat kembali dokumen yang telah dibahas dalam senior officials meeting. Setelah itu kami akan mengadopsi dokumen tersebut untuk disampaikan kepada pimpinan negara,” ujarnya.

KAA akan menghasilkan tiga dokumen yang akan menjadi kesepakatan dan dideklarasikan pada perayaan ke-60 tahun event tersebut, yakni Pesan Bandung, deklarasi untuk menghidupkan kembali the New Asian-African Strategic Partnership (NAASP), dan deklarasi dukungan untuk Palestina.

Pesan Bandung akan berisi pesan yang visioner, mengedepankan kerja sama yang baru secara nyata, dan revitalisasi penguatan kemitraan Asia-Afrika pada solidaritas politik, kerja sama ekonomi, dan hubungan sosial-budaya sebagai tiga pilar utama.

Deklarasi untuk menghidupkan kembali NAASP akan mencakup penguatan solidaritas, persahabatan, dan kerja sama. Kemudian kajian ulang terhadap perkembangan kerja sama NAASP selama 10 tahun terakhir.

Sementara itu, deklarasi untuk mendukung Palestina akan memberikan dukungan secara konsisten terhadap pendirian Negara Palestina dan hak-hak dasar warganya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top