Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

DPR Didesak Segera Selesaikan RUU Perlindungan TKI

Direktur Riset dan Advokasi Pustara Dheyna Hasiholan menuturkan kasus Siti Zaenab yang dihukum gantung di Arab Saudi, seharusnya menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera membahas RUU Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.
Miftahul Khoer
Miftahul Khoer - Bisnis.com 16 April 2015  |  10:00 WIB
Fakta bahwa permasalahan TKI di luar negeri begitu kompleks.  - Bisnis.com
Fakta bahwa permasalahan TKI di luar negeri begitu kompleks. - Bisnis.com

Bisnis.com, DEPOK - Direktur Riset dan Advokasi Pustara Dheyna Hasiholan menuturkan kasus Siti Zaenab yang dieksekusi mati di Arab Saudi, seharusnya menjadi perhatian Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera membahas RUU Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

Pasalnya, RUU Perlindungan TKI adalah satu dari 37 RUU Prolegnas Prioritas 2015.

Menurutnya, pada periode lalu, DPR belum selesaikan RUU Perlindungan TKI. Jangan sampai, kata dia, DPR sekarang mengabaikan RUU yang semangatnya melindungi warga Negara Indonesia (WNI) yang jadi TKI di luar negeri.

Dheyna mengingatkan, target penyelesaian RUU Prolegnas pada DPR periode lalu, secara kuantitas terlalu banyak, sehingga DPR tidak sanggup memenuhi target. Nah, DPR periode sekarang, target penyelesaian RUU dikurangi. Asumsinya, setahun DPR bisa selesaikan 37 RUU.

"DPR harus tunjukkan komitmennya untuk menjalankan fungsi legislasi ke rakyat," ujarnya melalui keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Kamis (16/4/2015).

Terkait mendesaknya DPR menyelesaikan RUU Perlindungan TKI, lanjutnya, fakta bahwa permasalahan TKI di luar negeri begitu kompleks. Mulai dari pra, saat, dan pasca penempatan TKI.

Kasus-kasus TKI seperti Siti Zaenab, anak buah kapal di perairan Angola, Trinidad & Tobago, dan masih banyak lagi, kata dia, seharusnya menggugah DPR untuk segera menyelesaikan RUU tersebut.

Dia menambahkan Pustara berharap DPR RI segera membahas RUU Perlindungan TKI yang keberadaannya dinantikan para TKI yang bekerja di luar negeri.[]


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr bnp2tki RUU Perlindungan TKI
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top