Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA 2015: TNI Siapkan Pesawat Tempur dan Kapal Perang

Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan untuk pengamanan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung 15-24 April 2015, pihaknya juga akan mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 15 April 2015  |  10:04 WIB
TNI siapkan pesawat tempur dan kapal perang - ilustrasi, Antara/Reno Esnir
TNI siapkan pesawat tempur dan kapal perang - ilustrasi, Antara/Reno Esnir

Kabar24.com, JAKARTA--Panglima TNI Jenderal Moeldoko menyatakan untuk pengamanan Konferensi Asia Afrika ke-60 di Jakarta dan Bandung 15-24 April 2015, pihaknya juga akan mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang.

"Ada sekitar 26 ribu personel dari TNI dan Polri. Kemudian kita juga mengerahkan pesawat tempur dan kapal perang," katanya setelah apel gelar pasukan Satuan Tugas Pengamanan VVIP Konferensi Asia Afrika di lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Agus Supriatna mengatakan pihaknya telah menyiapkan empat pesawat tempur F 16 dan pesawat tempur Sukhoi di pangkalan udara sejumlah daerah.

"Di ring luar, seperti di Madiun, Jogja, dan Solo kami siagakan pesawat Sukhoi. Untuk ring satu kami siagakan F-16," katanya.

Selain pesawat tempur, TNI AU juga menyiapkan Helikopter Super Puma, Pesawat Kolibri dan Boeing untuk mengakomodasi kepala negara dari Jakarta ke Bandung.

Di helikopter, kata Agus, disiagakan pula sniper untuk menetralisir jalur darat.

Sementara Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Ade Supandi mengatakan kapal perang sudah disiapkan untuk mengawasi Selat Sunda dan Laut Jawa yang kemungkinan menjadi akses masuknya ancaman.

"Kami juga siapkan kapal korve, kapal patroli, LPD, dan kapal escape. Pasukan katak juga disiagakan sebanyak dua tim," katanya.

Lebih jauh Ade mengatakan pihaknya menyiapkan pula helikopter Bell, BO, dan pesawat intai maritim untuk mengawasi wilayah keamanan laut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top