Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KAA 2015: Tingkatkan Keamanan, Polri Siapkan Sniper

Untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika, Kepolisian RI juga menyiapkan sejumlah pasukan sniper atau penembak jitu dari sekitar 2ribu personel Brimob yang disiapkan.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 14 April 2015  |  09:28 WIB
Pejalan kaki melintas di depan baliho sosialisasi acara peringatan Konferensi Asia Afrika, di Jakarta - Antara/Andika Wahyu
Pejalan kaki melintas di depan baliho sosialisasi acara peringatan Konferensi Asia Afrika, di Jakarta - Antara/Andika Wahyu

Kabar24.com, JAKARTA -- Untuk pengamanan Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika, Kepolisian RI juga menyiapkan sejumlah pasukan sniper atau penembak jitu dari sekitar 2ribu personel Brimob yang disiapkan.

"Dari 2 ribu personel terdiri atas unit anti anarkis, kendali huru-hara, sniper, tim medis, unit radio aktif, satuan intel dan lainnya," kata Kepala Bagian Operasional Brimob Komisaris Besar Leo Bona Lubis usai apel pasukan di Markas Komando Brimob di Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Selasa (14/4/2015).

Dia mengatakan sniper itu dihadirkan untuk menyesuaikan kebutuhan dalam pengamanan KTT Asia Afrika. Sniper, kata Leo, ketika di lapangan akan bergabung dengan pasukan sniper dari TNI.

"Sesuai kebutuhan, bergabung dengan TNI," katanya.

Leo tak menjelaskan titik mana saja di Jakarta dan Bandung yang akan ditempati sniper. Dia juga tak merinci berapa jumlah sniper yang disiapkan dalam pengamanan KTT KAA. Menurut dia hal tersebut merupakan rahasia dalam strategi pengamanan di lapangan.

Brimob Polri sendiri menyiapkan 500 personel, ditambah 400 dari Polda Metro Jaya, dan 1115 dari Polda Jabar. Secara keseluruhan terdapat sekitar 2 ribu personel Brimob.

Adapun KTT Asia Afrika kali ini dilaksananakan di dua kota Jakarta dan Bandung dengan 19 hingga 24 April dengan tema pembahasan penguatan kerjasama negara-negara di kawasan selatan.

KTT akan menelurkan tiga dokumen di antaranya Bandung Message, Declaration on Reinvograting the New Asian-Afrikcan Strategic Partnership, dan Declaration of Palestine. Sementara itu dilaporkan sebanyak 24 kepala negara dipastikan hadir dalam konferensi tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Konferensi Asia Afrika
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top