Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJIAN NASIONAL 2015: Pemprov Sulut Optimistis Siswa Lulus

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara optimistis siswa menegah atas di wilayah tersebut mampu melewati ujian akhir nasional.
Ujian Nasional di Kepualuan Seribu/Beritajakarta.com
Ujian Nasional di Kepualuan Seribu/Beritajakarta.com

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah provinsi Sulawesi Utara optimistis siswa menegah atas di wilayah tersebut mampu melewati ujian akhir nasional.

Wagub Sulut Djouhari Kansil mengatakan para siswa telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti ujian nasional tahun ini. "Saya optimistis mereka pasti akan lulus," katanya seperti dikutip dari situs resmi Humas Pemprov Sulut, Senin (13/4/2015).
Kansil pada hari ini membuka naskah ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Katolik Rex Mundi Manado dan melakukan peninjauan di SMK N 1 Jalan Siswa Manado.
Menurutnya, kesiapan para siswa
tidak lepas dari pembinaan para guru yang telah mendidik, melatih sekaligus membimbing anak-anak ini selama tiga tahun.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut tersebut berharap siswa jujur dalam mengerjakan ujian tersebut dan tidak bergantung pada siswa lain.
"Selama  tiga tahun belajar pasti mereka telah mempersiapkan diri dengan baik," ujarnya.
Dia berharap agar siswa tidak ditakut-takuti karena ujian nasional tidak menentukan kelulusan siswa, melainkan hasil ujian sekolah ditambah dengan moralitas dan karakter siswa juga ikut dinilai.
Sementara itu, Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang membuka naskah soal ujian nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri VII di Manado. 
Dia meminta siswa untuk menjawab dengan baik soal ujian tersebut.  "Untuk itu siswa dapat membaca dulu yang mudah dan gampang, jangan terfokus pada soal yang dirasakaan sulit," katanya.
Data Dinas Pendidikan Sulut menyebutkan jumlah peserta ujian nasional SMA di Sulut sekitar 33.987 siswa yang tersebar pada SMA, SMK, MA di 15 kota dan kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper