Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UJIAN NASIONAL 2015: Pemprov Sulut Optimistis Siswa Lulus

Pemerintah provinsi Sulawesi Utara optimistis siswa menegah atas di wilayah tersebut mampu melewati ujian akhir nasional.
Lukas Hendra TM
Lukas Hendra TM - Bisnis.com 13 April 2015  |  18:18 WIB
Ujian Nasional di Kepualuan Seribu - Beritajakarta.com
Ujian Nasional di Kepualuan Seribu - Beritajakarta.com

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah provinsi Sulawesi Utara optimistis siswa menegah atas di wilayah tersebut mampu melewati ujian akhir nasional.

Wagub Sulut Djouhari Kansil mengatakan para siswa telah menyatakan kesiapannya untuk mengikuti ujian nasional tahun ini. "Saya optimistis mereka pasti akan lulus," katanya seperti dikutip dari situs resmi Humas Pemprov Sulut, Senin (13/4/2015).
Kansil pada hari ini membuka naskah ujian nasional mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMA Katolik Rex Mundi Manado dan melakukan peninjauan di SMK N 1 Jalan Siswa Manado.
Menurutnya, kesiapan para siswa
tidak lepas dari pembinaan para guru yang telah mendidik, melatih sekaligus membimbing anak-anak ini selama tiga tahun.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan Sulut tersebut berharap siswa jujur dalam mengerjakan ujian tersebut dan tidak bergantung pada siswa lain.
"Selama  tiga tahun belajar pasti mereka telah mempersiapkan diri dengan baik," ujarnya.
Dia berharap agar siswa tidak ditakut-takuti karena ujian nasional tidak menentukan kelulusan siswa, melainkan hasil ujian sekolah ditambah dengan moralitas dan karakter siswa juga ikut dinilai.
Sementara itu, Gubernur Sulut Sinyo Sarundajang membuka naskah soal ujian nasional di Sekolah Menengah Atas Negeri VII di Manado. 
Dia meminta siswa untuk menjawab dengan baik soal ujian tersebut.  "Untuk itu siswa dapat membaca dulu yang mudah dan gampang, jangan terfokus pada soal yang dirasakaan sulit," katanya.
Data Dinas Pendidikan Sulut menyebutkan jumlah peserta ujian nasional SMA di Sulut sekitar 33.987 siswa yang tersebar pada SMA, SMK, MA di 15 kota dan kabupaten.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ujian nasional
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top