Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga di Aceh Singkil Berburu Buaya Pemakan Manusia

Warga di Aceh Singkil Berburu Buaya Pemakan Manusia
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 April 2015  |  14:19 WIB
Ilustrasi - Reuters
Ilustrasi - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Warga Kecamatan Singkil, Aceh Singkil, Aceh, terus memburu buaya di muara sungai dengan cara memancing dengan umpan. Trik itu dilakukan warga untuk mencari bagian tubuh seorang warga yang tewas diterkam buaya. "Buaya dipancing dengan umpan ayam dan bebek," kata Camat Singkil, Mochammad Ichsan, kepada Tempo, Kamis sore 9 April 2015.

Menurut Ichasan, Rabu lalu masyarakat bersama seorang pawang menangkap satu lagi buaya yang diduga memangsa manusia. Buaya sepanjang enam meter itu lantas diikat dan dibawa dengan truk ke perkampungan. Setelah buaya mati lantaran ikatan tali yang kuat, warga membedah perutnya mencari tubuh manusia di dalamnya. "Namun, tidak ditemukan bagian tubuh."

Ichsan mengatakan sudah dua ekor buaya yang ditangkap di kawasan itu. Sebelumnya Ahad 5 April 2015, seorang buaya masuk dalam perangkap yang dipasang tim dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh. Buaya tersebut kemudian direbut warga untuk dibakar dan dibelah perutnya. Bangkai buaya naas itu kemudian ditanam oleh masyarakat yang tengah disusupi geram.

Saat ini masyarakat di sekitar muara Sungai Singkil masih terus memburu buaya dengan cara memancing binatang itu untuk menelan umpan yang sudah dirancang oleh warga. Kemarahan warga itu sebelumnya dipicu oleh tewasnya Yusril, warga Desa Siti Ambia, yang diduga diterkam oleh buaya saat dia sedang mencari lokan di sungai tersebut, akhir Maret 2015.

Aksi sepihak warga tak mampu dicegah pihak berwenang. Kepala BKSDA Aceh, Genman Sefti Hasibuan, mengatakan pihak tak berdaya melindungi satwa itu dari amukan warga. Kemarahan warga tidak bisa mampu ditahan oleh timnya. Ia mengaku sudah menurunkan tim ke Singkil sepekan lalu setelah adanya permintaan dari Pemerintah Singkil terkait adanya korban akibat dimangsa reptil langka itu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

buaya

Sumber : Tempo.co

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top