Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kuburan 1.700 Serdadu Irak Korban ISIS Ditemukan

Tim forensik menemukan lahan yang diduga menjadi kuburan massal bagi 1.700 serdadu Irak korban kelompok milisi Negara Islam Irak dan suriah (ISIS) di Kota Tikrit.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 07 April 2015  |  13:31 WIB
ISIS - dw.de
ISIS - dw.de

Kabar24.com, JAKARTA—Tim forensik menemukan lahan yang diduga menjadi kuburan massal bagi 1.700 serdadu Irak korban kelompok milisi Negara Islam Irak dan suriah (ISIS) di Kota Tikrit.

Untuk membuktikan dugaan tersebut, tim itu mulai menggali 12 makam di lahan tersebut. Jasad yang ditemukan akan melalui uji DNA agar identitasnya dapat diketahui.

“Kami menggali kuburan massal pertama dan menemukan sedikitnya 20 jenazah. Indikasi awal menunjukkan mereka merupakan korban pembunuhan,” ujar Khalid al-Atbi, salah satu anggota tim forensik sebagaimana dikutip BBC.co.uk, Selasa (7/4/2015).

Dia mengatakan pemandangannya itu benar-benar menyedihkan dan dirinya tidak bisa membendung air mata. Para serdadu Irak yang diduga dikuburkan di lahan itu diyakini dibunuh pada Juni 2014. Kala itu, ISIS melansir foto-foto dan video eksekusi tentara Irak ke dunia maya.

Sejumlah serdadu yang mampu meloloskan diri bersaksi bahwa milisi ISIS menanyakan kepercayaan para korban sebelum mengeksekusi. Jika yang ditanya menjawab Syiah, mereka akan dibunuh di tempat.

Gabungan militer Irak dan milisi Syiah mengambil alih Kota Tikrit dari kelompok ISIS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

irak ISIS

Sumber : bbc.co.uk

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top