Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TOPAN VANUATU: RI Kirim Bantuan US$2 Juta

Beberapa pekan setelah bencana alam topan Pam memporak-porandakan Vanuatu pertengahan Maret lalui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) berpartisipasi mengirimkan bantuan.
Dara Aziliya
Dara Aziliya - Bisnis.com 04 April 2015  |  13:45 WIB
Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi. - Antara
Menlu Retno Lestari Priansari Marsudi. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA- Beberapa pekan setelah bencana alam topan Pam memporak-porandakan Vanuatu pertengahan Maret lalui, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) berpartisipasi mengirimkan bantuan.

Kemlu mengirimkan dua pesawat kargo ke Port Villa, Vanuatu, yang mengangkut bantuan senilai US$2 Juta berupa bahan makanann, paket untuk ibu dan anak, obat-obatan, tenda posko dan keluarga pengungsian, selimut, genset listrik, tempat tidur lipat, ert perangkat kebersihan dn kesehatan lingkungan.

"Selain bantuan tersebut, Indonesia juga mengirimkan tim terpadu untuk melakukan assessment terhadap kebutuhan rehabilitasi dan rekonstruksi pascabencana alam di sejumlah wilayah di Vanuatu," ungkap siaran pers yang publikasikan Kemlu RI, Sabtu siang (4/4/2015).

Menlu RI Retno LP Marsudi sebelumnya telah berkoordinasi dengan Menlu Vanuatu mengenai bencana alm tersebut. Menlu Retno lalu menghubungi Duta Besar RI untuk Australia dan Vanuatu, Najib Riphat Kesoema untukl segera mengerahkan bantuan.

Adapun, Najib dijadwalkan akan segera menyerahkan bantuan Indonesia pada Menteri Perubahan Iklim Vanuatu, James Bule. Bantuan yang diangkut menggunakan Boeing 737-800 dan Airbus A-330 tersebut pun akan didistribusikan ke masyarakat dan wilayah yang paling parah kerusakannya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu
Editor : Linda Teti Silitonga

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top