Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Restoran Ini Menyediakan Tumis Daging Harimau & Cakar Beruang

Anda pernah makan tumis daging, cakar beruang, dan tenggiling?
Daging harimau/madison.com
Daging harimau/madison.com

Kabar24.com, JAKARTA-- Anda pernah makan tumis daging, cakar beruang, dan tenggiling?

Menurut hasil pantauan kelompok pemerhati lingkungan hidup dan satwa liar, terjadi perdagangan ilegal bagian tubuh satwa liar yang dilindungi di Asia Tenggara.

"Sebuah kompleks resor di laut Laos menjadi 'taman bermain ilegal' perdagangan satwa liar, dari daging harimau hingga cakar beruang," kata Debbie Banks dari Environmental Investigation Agency, seperti dilansir The Guardian, Kamis (19/3/2015).

Pelanggan secara terbuka dapat membeli produk spesies langka di Zona Ekonomi Khusus Golden Triangle di perbatasan antara Laos, Myanmar, dan Thailand di Provinsi Bokeo, Laos.

EIA, yang berbasis di London, bersama kelompok non-pemerintah Pendidikan Alam Vietnam mendokumentasikan restoran yang menawarkan tumis daging harimau, cakar beruang, dan tenggiling dalam menu mereka.

Laos menjadi pusat perdagangan spesies langka. Pelanggan utamanya berasal dari negara tetangga, Cina. Banyak orang Cina percaya daging hewan langka dan bagian tubuhnya mengandung afrodisiak, zat yang dapat meningkatkan gairah seksual.

EIA menyerukan agar Laos segera membentuk tim khusus yang bertugas mengatasi perdagangan dan merebut semua produk ilegal di Zona Ekonomi Khusus tersebut. Pihak berwenang di Vietnam dan Thailand secara rutin mengungkap pengangkutan besar hewan langka menuju utara di daerah konservasi. Menurut mereka, itu mungkin hanya sebagian kecil dari satwa langka yang diselundupkan ke Cina.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper