Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Putin Akui Perintahkan Militer Rusia Kuasai Crimea

Untuk pertama kalinya secara terbuka Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui telah memerintahkan aparat militernya merebut dan menganeksasi Semenanjung Crimea dari Ukraina.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 10 Maret 2015  |  10:30 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Untuk pertama kalinya secara terbuka Presiden Rusia Vladimir Putin mengakui telah memerintahkan aparat militernya merebut dan menganeksasi Semenanjung Crimea dari Ukraina.

Hal itu dikemukakannya saat berbicara kepada Rossiya-1, saluran televisi pemerintah Rusia kemarin. Putin mengatakan dirinya meminta pertemuan darurat untuk membahas penggulingan Viktor Yanukovich dari kursi presiden Ukraina.

"Saat itu saya mengatakan kita harus mulai bekerja mengembalikan Semenanjung Crimea ke dalam pangkuan Rusia," ujar Putin dalam wawancara singkat itu sebagaimana dikutip Reuters, Selasa (10/3/2015).

Presiden Yanukovich saat itu adalah sekutu Rusia. Dia digulingkan oleh gerakan massa yang menginginkan Ukraina berkiblat ke Barat dan menjadi anggota Uni Eropa dan NATO. Pada sisi lain Rusia tidak ingin negara itu lepas dari pengaruh Rusia karena negara Barat seenaknya menempatkan militernya di negara itu.

Setelah terguling, Yanukovich melarikan diri ke Donetsks, sebuah wilayah Rusia yang didominasi etnis Rusia.

Pernyataan Putin bertentangan dengan pernyataan pejabat Rusia sebelumnya bahwa keputusan aneksasi diambil setelah referendum 16 Maret 2014 . Saat itu warga Semenanjung Crimea memilih menjadi bagian Republik Federasi Rusia.




Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vladimir putin Rusia Invasi Crimea

Sumber : Reuters

Editor : Yusran Yunus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top