Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alaska Surga untuk Pemakai Ganja

Negara Bagian Alaska di Amerika Serikat (AS) mengumumkan ganja sebagai barang yang boleh diperjualbelikan secara legal.
Ganja/wikipedia.org
Ganja/wikipedia.org

Kabar24.com, JAKARTA— Negara Bagian Alaska di Amerika Serikat (AS) mengumumkan ganja sebagai barang yang boleh diperjualbelikan secara legal.

SIMAK: Tips Agar Pensiunan Tak Jadi Pasien Psikiater

 

Kini Alaska menjadi negara bagian ketiga di AS yang melegalkan ganja. Seperti dilansir Washington Times, Selasa (24/2/2015), parlemen Alaska telah melakukan pemungutan suara untuk melegalkan ganja pada November 2014 dan mulai disosialisasikan pekan ini. Hasil dari pemungutan suara itu menunjukan 53 persen anggota setuju ganja sebagai barang yang legal.

Beberapa waktu lalu negara bagian Washington dan Colorado juga telah melegalkan peredaran ganja di wilayahnya. Pada 1975 ganja pernah dilegalkan di Alaska, namun hanya dalam jumlah tertentu.

Pelegalan ini bukan berarti publik Alaska bebas mengkonsumsi ganja di tempat umum. Pihak kepolisian setempat akan membatasi konsumsi ganja tersebut, khususnya yang dicampur rokok. Ganja itu hanya boleh dipakai di rumah. Tiap rumah hanya boleh menanam tanaman ganja minimal enam batang. Jika melanggar dendanya mencapai US$ 100.

Keputusan ini masih menimbulkan kontroversi di Alaska. Penentang ganja menilai ganja akan menimbulkan ketagihan dan merusak generasi muda di sana. Sedangkan, pihak yang setuju mengatakan, peredaran ganja tetap akan dikontrol oleh pemerintah dan tidak akan dijual di sembarang tempat. Putusan parlemen ini rencananya akan dijalankan pada Mei 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper