Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Ahok Perbaiki Moda Transportasi Massal

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menggunakan berbagai cara untuk memperbaiki moda transportasi massal. Bagaimana caranya?
Duwi Setiya Ariyanti
Duwi Setiya Ariyanti - Bisnis.com 31 Januari 2015  |  17:40 WIB
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - beritajakarta.com
Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) - beritajakarta.com

Bisnis.com, JAKARTA--Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menggunakan berbagai cara untuk memperbaiki moda transportasi massal. Bagaimana caranya?

Menurutnya, perbaikan moda transportasi massal harus ditunjang dari kebijakan lain. Salah satunya, kata Basuki, membuat orang yang mampu dari sisi finansialnya membayar lebih. Sebagai contoh, dia menginginkan agar pengendara mobil bisa lewat di jalur bus Transjakarta asal dibebankan biaya maksimal hingga Rp10 juta per kendaraan.

"Kalau sekali lewat [busway] sampe Rp10 juta ya bagus banget. Sekali lewat Rp10 juta ya biarin," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki usai menghadiri acara Workshop Rencana Kerja dan Anggaran Bank DKI di Putri Duyung Resort, Ancol, Sabtu (31/1/2015).

Caranya, kata Ahok, akan dipasang portal khusus di jalur tersebut. Sistemnya, persis mengikuti penerapan jalan berbayar atau electronic road pricing (ERP). Saldo dalam on board unit (OBU) akan langsung terpotong saat kendaraan melewati palang yang terbuka. Pasalnya, selama ini busway tak pernah steril.

Oleh karena itu, Ahok menilai dengan cara ini pihaknya dapat membuka ruang fiskal dan mengalokasikannya untuk menambah armada sekaligus mensterilkan jalur bus Transjakarta.

"Jadi intinya ini tuh buat membatasi mobil [masuk busway], kami enggak bisa berdebat mobil. Justru duitnya buat batasi mobil," katanya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mrt ahok
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top