Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembatasan Rapat di Hotel, Kunjungan Wisatawan ke Jateng Bakal Susut

Penurunan kunjungan wisatawan nusantara ke Jawa Tengah pada 2015 dinilai berpotensi terjadi secara signifikan dengan pemberlakuan kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan birokrat di fasilitas swasta.

Kabar24.com, SEMARANG - Penurunan kunjungan wisatawan nusantara ke Jawa Tengah pada 2015 dinilai berpotensi terjadi secara signifikan dengan pemberlakuan kebijakan pemerintah yang membatasi kegiatan birokrat di fasilitas swasta.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Jateng, Joko Suratno mengatakan selama ini porsi kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) dengan latar belakang kegiatan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) cukup besar.

Tingkat kunjungan wisatawan ke Jawa Tengah (inbound) dengan motif kegiatan tersebut mencapai 40%, terutama daerah Solo dan Semarang.

Sementara, sisanya didukung wisatawan kegiatan liburan atau pemanfaatan waktu luang (leisure).

“MICE untuk beberapa tahun terakhir cukup tinggi dan mendukung penambahan kunjungan wisnus,” katanya kepada Bisnis.com, Ahad (11/1/2015).

Kegiatan MICE oleh wisnus didominasi kegiatan birokrat, baik dari tingkat pusat maupun dari berbagai daerah.

Karena itu, dia menilai kebijakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan  Reformasi Birokrasi yang membatasi kegiatan rapat birokrat dengan fasilitas swasta akan berdampak pada jumlah kunjungan wisnus ke wilayah Jateng.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper