Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Warga Sulut Diminta Waspadai Produk Kedaluwarsa

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) meminta warganya untuk mewaspadai peredaran produk kedaluwarsa menjelang Natal dan Tahun Baru 2015.
Herdiyan
Herdiyan - Bisnis.com 16 Desember 2014  |  17:28 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) meminta warganya untuk mewaspadai peredaran produk kedaluwarsa menjelang Natal dan Tahun Baru 2015.

Tim gabungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Pemprov Sulut memantau ketersediaan kebutuhan bahan pokok masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru.

Langkah yang dilakukan berupa inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai pasar swalayan di Kota Manado, Selasa (16/12).

Sidak itu dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan Pemprov Sulut Sanny Parengkuan, Kepala Biro Perekonomian Jane Mendur, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw, serta instansi terkait lainnya, seperti Satpol PP Sulut dan Bulog Divre Sulut.

Saat sidak ke Hypermart Mega Trade Center (MTC), Kota Manado, tim gabungan SKPD tersebut menemukan sejumlah produk makanan yang sudah kedaluwarsa, tetapi pengelola pasar swalayan itu masih tetap memperdagangkannya kepada masyarakat.

Saat menemukan banyaknya barang-barang kedaluwarsa, Kepala Biro Ekonomi Jane Mendur langsung mengambil tindakan tegas dengan menurunkannya dari setiap pajangan.

“Kami menganggap produk-produk makanan tersebut sudah tak layak dikonsumsi karena melewati aturan pemakaian [kedaluwarsa]. Kami terpaksa menyuruh untuk diturunkan dan tidak boleh dijual lagi,” ujarnya, Selasa (16/12).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw menambahkan temuan di Hypermart MTC itu berupa minuman dalam kemasan dan produk makanan yang sudah kedaluwarsa.

Menurutnya, pihaknya tak akan pandang bulu untuk membongkar produk secara acak. Sebab, pengelola seakan ingin mengaburkan informasi tersebut kepada para konsumen.

Sebelumnya, tim gabungan itu juga telah melakukan sidak di swalayan Multimart Ranotana, Freshmart, Jumbo, SPBU Boulevard, dan SPBE Liwas.

Dalam sidak kali ini, pihaknya mengecek persiapan swalayan, baik stok maupun kualitas produk.

“Selain sidak ketersediaan stok kebutuhan pokok, juga kualitas produk, karena peningkatan konsumsi jelang Natal cukup tinggi,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulut Kadaluwarsa
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top