Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KONSUMEN Diminta Teliti Tanggal Kadaluwarsa

Konsumen diminta untuk meneliti tanggal kadaluarsa makanan dalam kemasan guna menghindari mengkonsumsi makanan yang sudah melampaui tanggal tersebut.
Rachmad Subiyanto
Rachmad Subiyanto - Bisnis.com 10 Juli 2014  |  14:00 WIB
Ada beberapa produk yang kemasannya penyok karena proses distribusi.  - Bisnis.com
Ada beberapa produk yang kemasannya penyok karena proses distribusi. - Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Konsumen diminta untuk meneliti tanggal kadaluarsa makanan dalam kemasan guna menghindari mengkonsumsi makanan yang sudah melampaui tanggal tersebut.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan tanggal kadaluarsa menjadi acuan batas masa aman untuk konsumsi. Karena itu, konsumen harus jeli memperhatikan tanggal kadaluarsa tersebut agar terhindar dari kemungkinan mengkonsumsi makanan yang sudah tidak aman bagi kesehatan.

“Harus diperhatikan karena ini penting bagi konsumen juga karena kalau sudah lewat tanggal kadaluarsa kan bisa berarti berbahaya,” ujarnya kepada wartawan disela-sela inspeksi mendadak (sidak) makanan dan minuman ke supermarket, Kamis (10/7/2014).

Dia juga meminta kepada produsen untuk mencantumkan tanggal kadaluarsa pada produk berkemasannya. Dengan demikian, konsumen akan lebih mudah mengetahui masa layak konsumsi dari produk berkemasan tersebut. 

Dari hasil sidak, Rizal menyebutkan tidak ada barang yang diindikasikan melampaui tanggal kadaluarsa. Hanya saja, ada beberapa produk yang kemasannya penyok karena proses distribusi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kadaluwarsa
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top