Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

China Khawatir Indonesia Akan Genjot Anggaran Pertahanan Sampai US$20 miliar/Tahun

Belanja pertahanan Indonesia bisa tumbuh sampai US$20 miliar per tahun pada 2019 untuk melindungi kedaulatannya, termasuk wilayah Laut Cina Selatan dekat klaim China, kata penasihat Presiden Indonesia Joko Widodo, Selasa (9/12/2014).
Sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) berupa KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan helikopter Anti Kapal Selam (AKS) jenis Eurocopter SA 365/AS365 Dauphin 2 (Dolphin)./Antara
Sejumlah alat utama sistem persenjataan (Alutsista) berupa KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan helikopter Anti Kapal Selam (AKS) jenis Eurocopter SA 365/AS365 Dauphin 2 (Dolphin)./Antara

Bisnis.com, WASHINGTON -  Belanja pertahanan Indonesia bisa tumbuh sampai US$20 miliar per tahun pada 2019 untuk melindungi kedaulatannya, termasuk wilayah Laut Cina Selatan dekat klaim China, kata penasihat Presiden Indonesia  Joko Widodo, Selasa (9/12/2014).

Luhut Panjaitan, mantan komandan pasukan khusus Indonesia, mengatakan, Jakarta tidak punya rencana untuk menggunakan kekuatan untuk menyelesaikan sengketa teritorial di Laut China Selatan dan akan terus mempromosikan dialog antara Beijing dan saingan regional.

Tapi dia bilang itu penting untuk memperkuat militer Indonesia untuk melindungi kepentingan nasional, termasuk Natuna - yang terdiri dari 157 pulau yang sebagian besar tidak berpenghuni di lepas pantai barat laut Kalimantan yang kaya minyak, gas dan ikan.

Secara resmi, China dan Indonesia sepakat pulau-pulau adalah bagian dari Provinsi Riau di Indonesia. Tapi pada  April, kepala angkatan bersenjata Indonesia yang menuduh China memasukkan  bagian dari Natuna dalam apa yang disebut "Sembilan-Dash Line," yang batasnya tidak jelas digunakan pada peta China untuk mengklaim sekitar 90%  dari Laut Cina Selatan, termasuk wilayah yang diklaim oleh anggota lain dari Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (Asean).

"Mengenai Natuna, kita memahami sangat banyak bahwa ini adalah wilayah Indonesia," kata Luhut kepada Washington's Center for Strategic and International Studies think tank.

Eksplorasi gas bersama Indonesia di Natuna dengan perusahaan minyak AS Chevron Corp  "sinyal ke China bahwa Anda tidak dapat bermain game di sini karena itu juga ada kehadiran AS," katanya.

Luhut mengatakan Indonesia memiliki peran untuk bermain dalam menjaga keseimbangan kekuatan di Asia dan berencana untuk meningkatkan belanja pertahanan menjadi 1,5%  dari produk domestik bruto selama lima tahun ke depan.

"Kami link ke pertumbuhan ekonomi sekitar 7% ... sehingga pada 2019, anggaran pertahanan nasional bisa pergi ke sekitar US$20 miliar per tahun," katanya.

"Jika Anda sekarang melihat angkatan bersenjata China - jauh lebih kuat - dan Anda melihat India dan Indonesia ... Indonesia dapat berperan untuk menyeimbangkan kekuatan di wilayah ini."

Luhut mengatakan pemerintah ingin memperkuat angkatan laut Indonesia untuk mengaktifkan patroli laut lebih banyak dan meningkatkan tiga skuadron nya C-130 pesawat angkut lima. Dia juga mengatakan drone akan menjadi bagian penting dari strategi perbatasan perlindungan Widodo.

Pasukan khusus Indonesia, sementara itu, akan berkonsentrasi pada perang melawan Negara Islam, sebuah organisasi Muslim radikal di Timur Tengah bahwa sekitar 300 warga negara Indonesia telah bergabung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper