Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indeks Korupsi Indonesia Naik 2 Digit, Turun 7 Peringkat

Indeks persepsi korupsi Indonesia pada tahun ini semakin membaik dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan dari Transparency International, skor corruption perception index (CPI) Indonesia meningkat 2 digit dari 32 ke skor 34.
Gedung KPK. Indeks korupsi Indonesia turun 7 peringkat/Bisnis
Gedung KPK. Indeks korupsi Indonesia turun 7 peringkat/Bisnis

Bisnis.comJAKARTA – Indeks persepsi korupsi Indonesia pada tahun ini semakin membaik dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan laporan dari Transparency International, skor corruption perception index (CPI) Indonesia meningkat 2 digit dari 32 ke skor 34.

Dimana semakin mendekati angka 0 berarti tingkat korupsinya semakin tinggi, sebaliknya mendekati 100 maka negaranya bersih dari korupsi. Skor tersebut sebetulnya masih di bawah rerata global pada skor 43.

Dengan kenaikan skor tersebut, posisi korupsi Indonesia turun 7 peringkat dari 114 pada tahun lalu ke posisi 107 dari 175 negara. Posisi tersebut masih di bawah Singapura posisi 7, Malaysia posisi 51, dan Filiphina posisi 91.

Peneliti Transparency International Indonesia Wahyudi mengatakan kenaikan indeks tersebut perlu diapresiasi sebagai kerja sama semua pihak dalam upaya pemberantasan korupsi.

“Kenaikan skor dan peringkat CPI ini harapan baru, dan ini titipan harapan terkait penguatan komitmen di pemerintahan yang baru,” ujarnya dalam konfrensi pers, Rabu (3/12/2014).

Kecenderungan penurunan korupsi tersebut menurutnya disebabkan efektivitas dari proses pencegahan dan pemberantasan korupsi. Sayangnya, sector dan aktor utama dari tindak korupsi tersebut masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya sehingga diperlukan upaya lebih serius dalam memberantas korupsi.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisioner KPK Bambang Widjojanto mengatakan seharusnya posisi Indonesia bias lebih baik jika perspektif pengukurannya menggunakan cara lain.  Apalagi, saat ini kesadaran masyarakat terhadap anti korupsi sudah semakin tinggi.

“Kalau mengukur dari rasio dan proporsi jumlah penduduk, dengan kasus yang ada, yang sudah ditangani dan dari keberhasilan, kita sebetulnya bisa jauh lebih baik,” tuturnya.

Meski demikian, pihaknya akan menggunakan indeks ini untuk memperbaiki kinerja KPK dan terus meningkatkan proses pemberantasan korupsi yang sudah dilakukan oleh instansinya.

Perbandingan Skor CPI di Asean

 Negara                     peringkat   skor 2014  skor 2013

Singapura                7                     84                   86

Malaysia                  51                   52                   50

Filiphina                  91                   38                   36

Indonesia                107                34                   32

Vietnam                   121                31                   31

Timor Leste            132                28                   30

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dewi Andriani
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper