Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kembangkan Potensi Lobster dan Kepiting, Jabar Akan Revisi Perda

Pemerintah Jawa Barat berupaya memaksimalkan potensi lobster dan kepiting guna mendongkrak pendapatan masyarakat serta devisa negara.

Bisnis.com, BANDUNG—Pemerintah Jawa Barat berupaya memaksimalkan potensi lobster dan kepiting guna mendongkrak pendapatan masyarakat serta devisa negara.

Untuk itu, pemprov akan merevisi beberapa peraturan daerah (perda) tentang sektor kelautan dan perikanan.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar Jafar Ismail mengatakan revisi perda dilakukan guna memaksimalkan aturan untuk diimplementasikan di lapangan yang selama ini kurang optimal.

“Salah satunya kami akan mengusulkan revisi Perda Nomor 7 tentang Pengelolaan Perikanan,” katanya kepada Bisnis.com, Senin (17/11/2014).

Dia menjelaskan salah satu poin yang diharapkan dari usulan Menteri Kelautan dan Perikanan yakni tidak diperbolehkan menangkap lobster atau kepiting yang sedang bertelur.

Jafar mengungkapkan dalam perda tersebut sudah dijelaskan bahwa menangkap lobster maupun kepiting tidak boleh yang bertelur. Namun, pihaknya akan menuangkan lebih detail aturan itu dengan revisi perda.

Dia beralasan fakta di lapangan saat ini masih banyak nelayan yang menangkap lobster atau kepiting yang sedang bertelur. Padahal, lanjutnya, hal itu tidak boleh dilakukan.

"Kami akui masih kurang pengawasan di lapangan karena terbentur aturan yang lebih detil,” ujarnya.

Dia berharap adanya usulan revisi perda nantinya optimalisasi perlindungan lobster atau kepiting dapat maksimal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper