Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CALON JAKSA AGUNG: Jokowi Ingin Duet dari Karier & Profesional (Internal & Eksternal)

Pemerintah tetap menerima masukan nama calon Jaksa Agung dari partai politik. Namun, Presiden Joko Widodo cenderung memilih kombinasi duet Jaksa Agung dan wakil yang berasal dari kelompok profesional dan karier.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah tetap menerima masukan nama calon Jaksa Agung dari partai politik. Namun, Presiden Joko Widodo cenderung memilih kombinasi duet Jaksa Agung dan wakil yang berasal dari kelompok profesional dan karier.

Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden ingin duet pimpinan Kejaksaan Agung merupakan kombinasi dari internal dan eksternal lembaga.

Perwakilan internal adalah pejabat yang meniti karier sebagai jaksa, sedangkan perwakilan eksternal adalah profesional dalam bidang hukum dengan kredibilitas yang teruji.

“Kombinasi eksternal dan internal itu yang akan berusaha dicari, bagaimana dapatkan kombinasi ideal [eksternal-internal],” kata Andi, Senin (3/11/2014).

Andi mengatakan Presiden terus mempertimbangkan masukan menteri dan pihak lain yang terkait dalam menentukan nama jaksa agung pengganti Basrief Arief, termasuk masukan dari partai politik.

Namun, dia mengungkapkan Jokowi sudah berkomitmen tidak mengisi posisi jaksa agung dari perwakilan parpol sejak terpilih sebagai Presiden RI.

“Itu keinginan awal dari Pak Jokowi. Di Kantor Transisi yang sudah menentukan apa yang sebaiknya tidak diduduki oleh [wakil] parpol dan posisi yang bisa diduduki [wakil] parpol,” kata Andi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper