Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Dia Prinsip Hidup Hermawan Wijaya (Bagian II)

Dengan jabatannya saat ini, tentunya Hermawan pun menerapkan budaya pekerjaan. Budaya ini sudah ada dalam grup Sinar Mas Land sejak dahulu. Ada enam nilai yang dijalankan yakni perilaku, kemajuan yang berkelanjutan, loyal, integritas, inovasi dan komitmen.
Hermawan Wijaya (Kanan) dalam RUPS PT Bumi Serpong Damai Tbk./JIBI
Hermawan Wijaya (Kanan) dalam RUPS PT Bumi Serpong Damai Tbk./JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--Dengan jabatannya saat ini, tentunya Hermawan pun menerapkan budaya pekerjaan. Budaya ini sudah ada dalam grup Sinar Mas Land sejak dahulu. Ada enam nilai yang dijalankan yakni perilaku, kemajuan yang berkelanjutan, loyal, integritas, inovasi dan komitmen.

“Sebuah perusahaan itu harus ada filosofi. Filosofi tersebut yang membuat sebuah perusahaan memiliki jiwa,” tutur Hermawan.

Selain nilai perusahaan, Hermawan pun memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Menurutnya, dia lebih menyukai memberi contoh kepada karyawannya melalui tindakan dan sifat dengan memberikan coaching.

Dia tidak keberatan jika ada rekan atau stafnya yang kesulitan dalam pekerjaan dan hendak bertanya. Jika Hermawan bisa, dia bersedia untuk memberi tahu dan menjelaskan.

“Moto hidup saya cukup sederhana, seperti air, mengalir saja,” tutur Hermawan.

Dengan budaya pekerjaan dan moto yang dia pegang hingga kini, dia dan timnya semakin berkembang dari tahun ke tahun. Pada 2014, target yang harus dia capai bersama tim adalah penjualan hingga 6 triliun. Hingga memasuki triwulan ketiga ini, dia dan timnya sudah berhasil mencapai 75% dari target.

Dalam kurun waktu enam tahun, pertumbuhan aset perusahaannya sudah meningkat sekitar 25% rata-rata per tahun. Profit pun ikut meningkat hingga 50% rata-rata per tahunnya.

Menurut Hermawan, tolah ukur sebuah keberhasilan adalah relatif. Bagaimana dalam hidup kita menjadi lebih baik dan seimbang menjadi hal penting yang dipegang hingga kini. Pekerjaan merupakan hal yang penting, jika sudah waktu pensiun dan perusahaan masih membutuhkan, Hermawan tidak keberatan untuk terus bekerja.

Namun tentunya, kesehatan menjadi nomor satu. Hermawan bukan penggemar olahraga tertentu. Dalam waktu senggangnya dia menyempatkan diri untuk lari atau jogging. Dia pun berusaha hidup sehat dengan tidak merokok.

Setelah kesehatan, keluarga tentunya tidak kalah penting. Di akhir pekan, Hermawan berusaha untuk meluangkan waktunya untuk keluarga. Bapak dari dua orang puteri ini, meluangkan waktu nya untuk berjalan-jalan dengan istri dan anak-anaknya.

Terkadang hanya di sekitar Jakarta saja, seperti mal. Namun jika ada waktu luang yang panjang, Hermawan sering membawa mobil sendiri, mengajak istri dan anak-anaknya berlibur ke Bandung, Semarang atau Jogyakarta.

“Keluarga merupakan hal yang penting dan tentunya spritual diri kita pun harus diperhatikan agar hidup menjadi seimbang,” tutur Hermawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Agnes Savithri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper