Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Alas Kaki Banyak Dapat Order, Tapi Tak Ada Tenaga Kerja

Sebagian pengusaha alas kaki di Jawa Timur mengaku masih ragu dan sulit melakukan kontrak proyek pemesanan alas kaki meski mendapat banyak order dari berbagai merek lantaran terkendala masalah tenaga kerja.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, SURABAYA – Sebagian pengusaha alas kaki di Jawa Timur mengaku masih ragu dan sulit melakukan kontrak proyek pemesanan alas kaki meski mendapat banyak order dari berbagai merek lantaran terkendala masalah tenaga kerja.

Sekretaris Asosiasi Persepatuan Indonesia (Aprisindo) Jawa Timur Ali Mas’ud mengatakan tren permintaan produk sepatu dan alas kaki tahun ini meningkat 7,5%-10%, sedangkan tahun lalu pertumbuhannya 5%-7,5%.

Namun, lanjutnya, para pengusaha alas kaki di Jawa Timur sulit menentukan nilai kontrak pemesanan sepatu karena tidak ada kepastian kenaikan upah minimum kota/kabupaten (UMK) setiap tahunnya.

“Ketika banyak order, kami tidak bisa menentukan nilai kontraknya, kalau kenaikan UMK tidak pasti dan ternyata tahun depan naik sangat tinggi tentu pengusaha akan merugi,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (1/10/2014).

Dia mengatakan pemerintah harus membuat kebijakan pasti untuk menentukan angka kenaikan UMK tersebut agar tidak membebani pengusaha. Menurut Ali, idealnya kenaikan UMK adalah maksimal 10%.

“Kalau terjadi inflasi 5% ya UMK naik 5%. Tahun ini saja naiknya berat sekali. Bahkan di beberapa kota kabupaten, penentuan kenaikan UMK berdasarkan nego, kalau tekanan dari tenaga kerja sangat kuat maka naiknya pun tinggi,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper