Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KRISIS UKRAINA: Kiev Tarik Pasukan dari Wilayah Konflik

Ukraina bersiap untuk menarik pasukannya kendati masih terjadi pelanggaran atas kesepakatan gencatan senjata guna mengakhiri konflik terburuk sejak Perang Dunia II tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 September 2014  |  11:03 WIB
/pbs.org
/pbs.org

Bisnis.com, JAKARTA—Ukraina bersiap untuk menarik pasukannya kendati masih terjadi pelanggaran atas kesepakatan gencatan senjata guna mengakhiri konflik terburuk sejak Perang Dunia II tersebut.

Pasukan negara itu menyatakan akan menarik persenjataan berat hingga ke pinggiran zona pengaman. Korban tewas mulai berkurang dan intensitas pengeboman di wilayah Donetsk juga menurun, ujar Andrei Purgin, seorang pejabat senior Republik Rakyat Donetsk sebagaimana dikutip Bloomberg, Selasa (23/9/2014).

Pertempuran di wilayah Donetsk dan Luhansk, yang dimulai setelah Rusia menganeksasi Crimea pada Maret sudah berhenti. Lebih dari 3.200 orang tewas dan 8.000 lainnya luka-luka, menurut laporan PBB. Kesepakatan untuk menciptakan zona demiliterisasi sejauh 30 kilometer dicapai 20 September di Minsk, Belarusia.

“Baik Kiev maupun Moskwa sama-sama punya kepentingan untuk menciptakan ketenangan dalam jangka pendek, namun untuk kepentingan jangka panjang masih dipertanyakan,” ujar analis Eurasia Group, Alexander Kliment.

Kesepakatan zona pengaman yang dicapai di Minsk disebutkan akan memperkuat kesepakatan gencatan senjata yang rentan saat ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Rusia Invasi Crimea Krisis Ukraina

Sumber : Bloomberg

Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top