Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KABINET JOKOWI-JK: Tim Transisi Saring 200 Nama Calon Menteri

Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan pihaknya telah menyaring 2.800 nama untuk dicalonkan sebagai menteri pada kabinet yang akan dipimpin Jokowi dengan Jusuf Kalla pada periode 2014-2019.
Jokowi & JK saat mengumumkan jumlah menteri di rumah transisi/Bisnis
Jokowi & JK saat mengumumkan jumlah menteri di rumah transisi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Deputi Tim Transisi Andi Widjajanto mengatakan pihaknya telah menyaring 2.800 nama untuk dicalonkan sebagai menteri pada kabinet yang akan dipimpin Jokowi dengan Jusuf Kalla pada periode 2014-2019.

"Hingga saat ini sudah tersaring 200 nama, dan masih dipersiapkan untuk mengisi 34 posisi menteri di kabinet mendatang"  ujarnya di Jakarta, Selasa (23/9/2014)

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini Tim Transisi masih terus berupaya mematangkan 18 nama calon menteri dari profesional, sedangkan calon menteri dari partai belum mengalami perkembangan.

Menurut  Andi,  seleksi calon menteri itu tidak menitikberatkan pada komposisi kursi bagi profesional atau pun calon yang diajukan dari partai koalisi agar mendapatkan kualitas pemimpin yang baik secara obyektif.

Dosen Ilmu Hubungan Internasional UI itu menekankan bahwa proses seleksi ini menggunakan cara aspirasi atau kepentingan publik.

"Tidak ada penilaian terhadap partai ini atau itu, bukan. Pokoknya adalah dari seberapa pahamnya calon tersebut kepada pemikiran pembangunan nasional seperti Bung Karno," tegasnya seperti dikutip Antara.

Pemikiran yang dimaksudkan oleh Andi menjadi syarat mutlak bagi calon menteri yang akan mengisi kabinet pemerintahan Jokowi dengan JK pada periode 2014-2019 tersebut.

Dalam nama-nama calon tersebut Andi juga menyebutkan ada sejumlah kepala daerah yang ikut masuk ke dalam hasil seleksi tersebut, namun Andi enggan menyebutkan pihak yang dimaksud.

Menurut catatan Bisnis, Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) telah mengumumkan kabinet yang dipimpinnya nanati berisi 34 menteri. Dari jumlah tersebut, 18 menteri akan berasal dari kalangan profesional dan 16 menteri lagi dari partai politik.

Jokowi  menjadwalkan nama-nama menteri sudah dapat diumumkan pada 20 Oktober bertepatan dengan berakhirnya masa pemerintahan SBY-Boediono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper