Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

REFERENDUM SKOTLANDIA: BBC Ramalkan Tak Ada "Perceraian" Dengan Inggris

Skotlandia, dalam pemungutan suara bersejarah yang dilakukannya, telah memilih untuk menolak kemerdekaan, demikian diramalkan BBC.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 19 September 2014  |  13:30 WIB
Bendera Skotlandia dan Bendera Inggris berkibar di Kantor perwakilan Skotlandia di London (28/8/2014) - Reuters/Toby Melville
Bendera Skotlandia dan Bendera Inggris berkibar di Kantor perwakilan Skotlandia di London (28/8/2014) - Reuters/Toby Melville

Bisnis.com, EDINBURGH -- Belum lagi hasil akhir dihitung, radio BBC sudah meramalkan bahwa Skotlandia tidak akan "bercerai" dengan Inggris.

Skotlandia, dalam pemungutan suara bersejarah yang dilakukannya, telah memilih untuk menolak kemerdekaan, demikian diramalkan BBC pada Jumat setelah hasil awal menunjukkan 54,3% pemilih menyatakan "Tidak" dan 45,7% menyatakan "Ya".

"Ramalan BBC menunjukkan bahwa Skotlandia telah memilih untuk menolak menjadi sebuah negara independen," demikian bunyi pernyataan yang dimuat di situsnya.

Skotlandia pada Kamis telah melaksanakan pemungutan suara untuk menentukan apakah akan tetap bergabung dengan Kerajaan Inggris ataukah mengakhiri kebersamaannya selama 307 tahun dengan Kerajaan dan menjadi negara merdeka.

Dari dataran-dataran tinggi di daerah dan pulau-pulau terpencil hingga kota perkebunan Glasgow, rakyat Skotlandia terpecah hampir seimbang menyangkut pemungutan suara yang dipantau secara saksama oleh sekutu-sekutu Inggris, para penanam modal serta wilayah-wilayah bergolak, baik di dalam maupun luar negeri.

Jajak pendapat prapemilihan menunjukkan bahwa mereka yang memilih tetap bergabung dengan Kerajaan Inggris menunjukkan kecenderungan sedikit lebih kuat.

Namun, ratusan ribu orang masih harus menentukan pilihan mereka di saat tempat-tempat pemungutan suara dibuka.

Bintang tenis Andy Murray mengirimkan pesan kuat di saat-saat terakhir, yang memuat dukungannya untuk memilih "Ya" -- bagi kemerdekaan dari Kerajaan Inggris -- dengan berkicau di Tweet "Ayo kita lakukan ini" setelah ia bersikap diam soal posisinya berbulan-bulan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

skotlandia Referendum Skotlandia

Sumber : Antara/AFP

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top