Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KRISIS AIR BERSIH: Pipa Isap Rusak, Balikpapan Terancam

Ancaman krisis air bersih di Balikpapan lantaran rusaknya pipa isap pengganti yang digunakan dalam perbaikan di Waduk Manggar kini telah teratasi.

Bisnis.com, BALIKPAPAN — Ancaman krisis air bersih di Balikpapan lantaran rusaknya pipa isap pengganti yang digunakan dalam perbaikan di Waduk Manggar kini telah teratasi.

Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manggar M. Saufan mengatakan kerusakan pada pipa pengganti tersebut telah berhasil diatasi.

“Perbaikannya sudah tidak ada lagi, yang ada hanya melanjutkan perbaikan waduk yang kemarin-kemarin,” jelas Saufan kepada wartawan, Senin (8/9/2014)

Menurutnya, selama perbaikan Waduk Manggar dilaksanakan, PDAM menggunakan dua pipa isap pengganti. Pipa pengganti yang dikabarkan rusak pada Sabtu lalu itu memiliki kapasitas sebanyak 500 liter/detik. “Jadi yang rusak itu cuma satu pipa, satu pipa yang lainnya masih bisa jalan,” kata Saufan.

Sebelumnya, pada Sabtu (6/9/2014) melalui pernyataan tertulis di situsnya, PDAM Tirta Manggar telah menginformasikan ihwal kerusakan pipa isap pengganti yang digunakan selama perbaikan pipa isap air baku diameter 400 PE dan perbaikan kerusakan pada gate valve pipa dorong pompa PAB 4 di Waduk Manggar.

Atas kerusakan pipa pengganti tersebut, PDAM Tirta Manggar pun mengupayakan perbaikan sesegera mungkin yang ditarget maksimum memakan waktu hingga 2x24 jam. Kerusakan pipa pengganti ini memperburuk  krisis air bersih yang terjadi di Waduk Manggar akibat kebocoran pada pipa isap dan minimnya curah hujan.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper