Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Minta Menteri Hapus Mafia Ekonomi

Joko Widodo, Presiden Indonesia terpilih, akan mewajibkan menteri kabinetnya menghilangkan praktik mafia ekonomi di pertanian hingga energi.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 01 September 2014  |  03:49 WIB

Bisnis.com, SURABAYA--Joko Widodo, Presiden Indonesia terpilih, akan mewajibkan menteri kabinetnya menghilangkan praktik mafia ekonomi di pertanian hingga energi.

"Di bidang energi, Indonesia punya minyak, batu bara, kok minyaknya antre. Karena pengelolaan tidak bener, di dalemnya ada tidak betul. Karena negara tidak berani memotong, tidak berani memotong mafia minyak. Disitu aja kuncinya, sehingga biaya besar sekali," jelasnya dalam pembekalan di Muktamar PKB 2014 di Surabaya, Minggu (31/8/2014).

Kasus serupa, kata Jokowi, terjadi pula di industri listrik yang sebagian mengandalkan bahan bakar minyak yang notabene mahal. Pola tersebut seharusnya bisa diganti dengan gas dan batu bara untuk pembangkitan listrik.

"Kenapa tidak dipindahkan, karena ada enggak betul, ada mafia di situ. Semua Kok mafia, saya sudah lihat satu per satu," tambahnya.

Dia menegaskan tugas menteri baru menghilangkan praktik mafia ekonomi itu. Bila nantinya ada menteri dari PKB tugasnya juga harus mampu menghilangkan praktik-praktik tersebut.

"Jangan dijadikan menteri malah ikut arusnya mafia. Oleh sebab itu syarat menteri harus punya karakter kuat, berani memutuskan, berani benturan, mampu manajerial dan kejujuran. Ra usah pinter ra po-po," tegasnya


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kabinet Jokowi-JK
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top