Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CITY GUIDE: Kebun Binatang Ragunan Awalnya di Tanah Hibah Pelukis Raden Saleh

Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang terbesar yang berada di wilayah DKI Jakarta. Ternyata, cikal bakal kebun binatang ini adalah taman seluas 10 hektare yang berada di atas tanah hibah dari Raden Saleh, pelukis terkemuka.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Agustus 2014  |  14:19 WIB
  Suasana kebun binatang Ragunan.  -
Suasana kebun binatang Ragunan. -

Bisnis.com, JAKARTA-- Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang terbesar yang berada di wilayah DKI Jakarta. Di kebun binatang seluas 147 hektare itu terdapat lebih dari 2.000 ekor binatang serta lebih dari 50.000 pohon.

Ternyata, cikal bakal kebun binatang ini adalah taman seluas 10 hektare yang berada di atas tanah hibah dari Raden Saleh, pelukis terkemuka.

Menurut situs resmi Taman Margasatwa Ragunan, menyatakan cikal bakal taman ini didirikan pada 19 September 1864 dengan nama Planten en Dierentuin. Kebun binatang itu dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia) dan berada di Jalan Cikini Raya No 73. Lahan seluas 10 hektare yang digunakan adalah hibah dari Raden Saleh.

Pada 1949, nama kebun binatang ini diubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Lalu pada 1964, dibentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan kebun binatang dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Saat itu, Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 ha di Ragunan Kepindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa lebih dari 450 ekor satwa yang merupakan sisa koleksi terakhir dari Kebun Binatang Cikini.

Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur Ali Sadikin. Saat ini luas Taman Margasatwa Ragunan mencapai 147 Ha dengan koleksi satwa 2101 ekor satwa dari 220 spesies.

Baca juga

JAKARTA TEMPO DULU: Ini Asal Usul Nama Petamburan

Asal Usul Nama Bendungan Hilir

Cerita Pengalaman Jokowi Kalah Balap Karung di Waduk Pluit

Cahaya Merah Putih Sinari Tugu Selamat Datang dan Air Mancur Bundaran HI


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kebun binatang ragunan

Sumber : Situs resmi Taman Margasatwa Ragunan

Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top