Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

CITY GUIDE: Kebun Binatang Ragunan Awalnya di Tanah Hibah Pelukis Raden Saleh

Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang terbesar yang berada di wilayah DKI Jakarta. Ternyata, cikal bakal kebun binatang ini adalah taman seluas 10 hektare yang berada di atas tanah hibah dari Raden Saleh, pelukis terkemuka.
  Suasana kebun binatang Ragunan. /
Suasana kebun binatang Ragunan. /

Bisnis.com, JAKARTA-- Taman Margasatwa Ragunan merupakan kebun binatang terbesar yang berada di wilayah DKI Jakarta. Di kebun binatang seluas 147 hektare itu terdapat lebih dari 2.000 ekor binatang serta lebih dari 50.000 pohon.

Ternyata, cikal bakal kebun binatang ini adalah taman seluas 10 hektare yang berada di atas tanah hibah dari Raden Saleh, pelukis terkemuka.

Menurut situs resmi Taman Margasatwa Ragunan, menyatakan cikal bakal taman ini didirikan pada 19 September 1864 dengan nama Planten en Dierentuin. Kebun binatang itu dikelola oleh perhimpunan penyayang Flora dan Fauna Batavia (Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia) dan berada di Jalan Cikini Raya No 73. Lahan seluas 10 hektare yang digunakan adalah hibah dari Raden Saleh.

Pada 1949, nama kebun binatang ini diubah menjadi Kebun Binatang Cikini. Lalu pada 1964, dibentuk Badan Persiapan Pelaksanaan Pembangunan Kebun Binatang untuk memindahkan kebun binatang dari Jl. Cikini Raya no 73 Ke Pasar Minggu Jakarta Selatan.

Saat itu, Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 ha di Ragunan Kepindahan dari Kebun Binatang Cikini ke Ragunan membawa lebih dari 450 ekor satwa yang merupakan sisa koleksi terakhir dari Kebun Binatang Cikini.

Kebun Binatang Ragunan dibuka secara resmi pada 22 Juni 1966 oleh Gubernur Ali Sadikin. Saat ini luas Taman Margasatwa Ragunan mencapai 147 Ha dengan koleksi satwa 2101 ekor satwa dari 220 spesies.

Baca juga

JAKARTA TEMPO DULU: Ini Asal Usul Nama Petamburan

Asal Usul Nama Bendungan Hilir

Cerita Pengalaman Jokowi Kalah Balap Karung di Waduk Pluit

Cahaya Merah Putih Sinari Tugu Selamat Datang dan Air Mancur Bundaran HI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Setyardi Widodo
Sumber : Situs resmi Taman Margasatwa Ragunan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper