Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Daihatsu Danai Seminar Pendidikan di Semarang

PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seminar bertema Sinergi Daihatsu dengan Dunia Pendidikan Menyongsong AFTA 2015 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/8/2014).nn
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, SEMARANG—PT Astra Daihatsu Motor (Daihatsu) bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional menyelenggarakan seminar bertema Sinergi Daihatsu dengan Dunia Pendidikan Menyongsong AFTA 2015 di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, Kamis (28/8/2014).

Seminar itu menghadirkan mantan Menteri Pendidikan Nasional Wardiman Djojonegoro sebagai pemateri utama. Wardiman memaparkan tenaga kera di Indonesia harus mampu untuk bersaing dengan tenaga asing dalam impementasi pasar bebas Asean 2015.

Jika tidak siap, kata dia, angka pengangguran di Indonesia kian meningkat. Pasalnya, perusahaan akan menggunakan tenaga kerja yang terampil, ulet dan memiliki etos kerja tinggi serta gaji yang lebih murah.

Sampai saat ini, ada beberapa negara yang mana masih menerapkan gaji yang lebih rendah dibandingkan dengan Indonesia, seperti di Vietnam dengan upah Rp900.000 per bulan.

“Ini menjadi ancaman besar terhadap pasar bebas Asean 2015,” papar Wardiman, Kamis.

Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra memaparkan melalui corporate social responsibility (CSR) , Daihatsu meluncurkan program pi9ntar bersama Daihatsu yang bersinergi dengan pemerintah dalam hal ini dunia pendidikan khususnya Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dia mengatakan Daihatsu bersama Dinas Pendidikan di sejumlah provinsi menyusun kurikulum SMK serta mengimplementasikan di sejumlah SMK Binaan.

“Kurikulum itu membekali guru dan siswa SMK dengan keterampilan dasar dan budaya industri sehingga lulusan SMK memiliki daya saing tinggi, terampil, kompeten dan siap pakai di dunia industri,” tutur dia.

Menurut dia, program tersebut telah diimplementasikan di 74 SMK di Indonesia yang tersebar di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Bali.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper