Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bisnis.com, JAKARTA -  Ajeng, sarjana S1 dari satu perguruan tinggi di Yogyakarta, mau melanjutkan studi pasca sarjana tingkat master ke Jepang. Dia sudah berupaya mencari beasiswa lewat online, tapi sampai sekarang belum dapat.

"Saya sudah coba apply ke beberapa perguruan tinggi di Jepang, tapi belum ada jawaban. Bagaimana ya caranya, agar lamaran kita untuk mendapatkan beasiswa di kampus Jepang bisa diterima," tanya Ajeng dalam seminar Japan Education Fair in Indonesia (JEFI) 2014 di Jakarta, Sabtu (23/8).

Dia mengaku sengaja datang dari Yogya untuk melihat pameran dan ikut seminar tentang melanjutkan pendidikan di Jepang, yang diadakan oleh Pandan College Indonesia, lembaga kursus Bahasa Jepang.

Richad Y. Susilo, Ketua Penyelenggara JEFI 2014 yang sudah lama menetap di Jepang, mengatakan untuk bisa mendapatkan beasiswa di Negeri Sakura itu, perlu memperhatikan beberapa hal. 

"Calon siswa atau mahasiswa sebaiknya menguasai berbahasa Jepang, sehingga mudah berkomunikasi dan mengikuti perkuliahan di sana," ujar Richard yang juga Komisaris Pandan College Indonesia.

Untuk kuliah master, sebaiknya mahasiswa memakai jalur antar perguruan tinggi dan antar profesor. "Jadi, Anda mencari profesor di kampus yang dituju, yang sesuai dengan kuliah yang akan diambil. Merekalah yang akan menjamin anda kuliah di perguruan tinggi tersebut," katanya.

Selain itu, minta profesor yang ada di kampus asal untuk menghubungi profesor di Jepang. "Ini gunanya agar anda bisa diterima. Apalagi jika guru besar di kedua kampus sudah saling kenal, itu akan memperlancar proses perkuliahan".

Dia mengingatkan kalau mencari sendiri, agak sulit.

Berikut ini tips dari Richard bagi calon mahasiswa S1 yang ingin mencari beasiswa di Jepang:

  • Sebelum kuliah, persiapkan diri dengan belajar Bahasa Jepang. Kalau bisa minimal sudah di level 2.
  • Memiliki kelebihan atau kecapakan dalam satu bidang studi. Ini akan mempermudah mendapatkan beasiswa.
  • Harus juara kelas (diutamakan 1-3) di SMA asal. 
  • Mengisi dan memenuhi semua persyaratan yang ada pada formulir beasiswa. Bisa dicari lewat online datang ke Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor : Yusran Yunus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper