Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wagub Sulut Letakkan Batu Pertama Monumen Kolintang

Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Djouhari Kansil melakukan peletakan batu pertama monumen kolintang di Jalan Raya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (21/8/2014).
Pelabuhan di Sulut/Antara
Pelabuhan di Sulut/Antara

Bisnis.com, MANADO—Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Djouhari Kansil melakukan peletakan batu pertama monumen kolintang di Jalan Raya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Kabupaten Minahasa Utara, Kamis (21/8/2014).

Orang nomor dua di provinsi tersebut ditemani Ketua Dewan Pembina Persatuan Insan Kolintang Nasional Pingkan Indonesia (PIKNPI) yang juga istri Menteri Pertahanan RI Lis Purnomo Yusgiantoro serta Ketua Umum PIKNPI Anie Rachmat Sudibyo.

Kansil merasa bangga karena yang menjadi pembina dan pengurus musik kolintang nasional merupakan warga dari luar Sulut.

Menurutnya, orang dari luar daerah Sulut begitu bersemangat untuk melestarikan nilai-nilai seni budaya daerah setempat.

“Tentunya bagi kita yang berada di daerah ini ikut merasa terpanggil untuk terus melestarikan sekaligus mengembangkannya hingga ke desa-desa dan kelurahan,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Pemprov Sulut, Kamis (21/8/2014).

Usai melakukan peletakan batu, acara dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon kolintang atau jenis kayu 'wanderan' dalam bahasa Tonsea dan 'bandaran' dalam bahasa Indonesia.

Wagub mengakui, musik kolintang merupakan musik rakyat yang mampu menembus sisi kemanusiaan dari seluruh lapisan masyarakat nusantara dan dunia internasional dari berbagai kalangan.

“Ini semua menunjukkan kreativitas dan kearifan lokal yang sangat tinggi dari bangsa Indonesia. Oleh karena itu, ini patut mendapat perhatian dari semua pihak, terutama stakeholders di daerah ini,” tegas Kansil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper