Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASOKAN GAS: PGN Siapkan 60 BBtud untuk Tenayanraya, Riau

PGN menyiapkan 60 miliar British thermal unit per hari (billion British thermal unit per day/BBtud) pada 2016 untuk pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) dan kawasan Industri Tenayanraya.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, PEKANBARU--PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk. menjamin pasokan gas untuk pembangkit listrik tenaga gas uap dan kawasan industri Tenayanraya di Pekanbaru, Riau.

Wendi Putranto, Kepala Area PGN Pekanbaru, mengatakan perseroan menyiapkan 60 miliar British thermal unit per hari (billion British thermal unit per day/BBtud) pada 2016 untuk pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) dan kawasan Industri Tenayanraya.

“40 BBtud akan dialirkan ke PLTGU, sedangkan 20 BBtud sisanya untuk memenuhi kebutuhan industri di kawasan tersebut,” katanya di Pekanbaru, Rabu (20/8/2014).

Wendi menuturkan PGN mulai melakukan survei topografi untuk membangun infrastruktur gas yang diperlukan. Dengan begitu, proses lelang dan konstruksi dapat dilakukan tahun depan, dan gas dapat dialirkan pada semester pertama 2016.

PLTGU Tenayanraya sendiri di bangun di kawasan pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang sedang diselesaikan PT Perusahaan Listrik Negara (Persero). Pembangunan pembangkit tersebut dikerjakan oleh PT Sarana Pekanbaru Energi dengan kapasitas 240 megawatt.

Menurutnya, Pemerintah Kota Pekanbaru telah menjamin kemudahan perizinan dan pembebasan lahan untuk pembangunan infrastruktur gas. “Kami tidak perlu membebaskan lahan untuk pemasangan pipa, karena akan digelar di lahan jalan milik pemerintah daerah,” ujarnya.

Firdaus, Wali Kota Pekanbaru, telah membentuk tim percepatan pemanfaatan gas yang terdiri dari PLN, PGN, Sarana Pekanbaru Energi, dan Pemerintah Kota Pekanbaru. Pembentukan tim tersebut bertujuan untuk menyelaraskan dan memastikan pemanfaatan gas, serta pembangunan pembangkit listrik selesai tepat waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper