Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

EKONOMI SULUT: BI Proyeksikan Tumbuh 7,89% Kuartal III

Kinerja perekonomian Sulawesi Utara (Sulut) sepanjang kuartal III/2014 diproyeksikan tumbuh di kisaran 7,49%-7,89% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Bisnis.com, MANADO—Kinerja perekonomian Sulawesi Utara sepanjang kuartal III/2014 diproyeksikan tumbuh di kisaran 7,49%-7,89% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulut Luctor E Tapiheru menuturkan indikasi pertumbuhan yang lebih tinggi itu tecermin dari hasil survei kegiatan dunia usaha (SKDU) Sulut menunjukkan perkiraan peningkatan kegiatan usaha.

Menurutnya, sektor yang menjadi pendorong perekonomian adalah perdagangan, hotel, dan restoran.

“Faktor pendorongnya adalah peningkatan pendapatan masyarakat karena didukung gaji ke-13 untuk PNS dan TNI/Polri, masuknya tahun ajaran baru, serta perayaan keagamaan baik Lebaran maupun pengucapan syukur,” ujarnya, Jumat (15/8/2014).

Sebelumnya diberitakan, pertumbuhan ekonomi daerah tersebut tercatat 7,32% pada kuartal II/2014 atau naik 0,11 poin dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu 7,21%.

Namun, jika dibandingkan dengan kuartal I/2014, pertumbuhan ekonomi Sulut lebih tinggi lagi mencapai 9,58% pada kuartal II/2014.

Secara year on year, sektor yang mengalami pertumbuhan tertinggi pada kuartal II/2014 dibandingkan dengan kuartal II/2013 adalah perdagangan, hotel, dan restoran yang tumbuh 12,96%. Setelah itu, sektor pengangkutan dan komunikasi 9,93% dan sektor bangunan 7,68%.

Adapun dibandingkan dengan kuartal I/2014, sektor yang mengalami pertumbuhan paling tinggi adalah pertanian yang tumbuh 13,23%, bangunan 12,33%, serta sektor pengangkutan dan komunikasi 10,34%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper