Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HARGA PANGAN: Harga 5 Komoditas di Balikpapan Turun

Lima komoditas mengalami penurunan harga dari total 37 komoditas yang rutin dipantau harganya oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan. Kelima komoditas itu yakni bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, ikan basah tongkol, dan ikan trakulu.

Bisnis.com, BALIKPAPAN--Lima komoditas mengalami penurunan harga dari total 37 komoditas yang rutin dipantau harganya oleh Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Balikpapan. Kelima komoditas itu yakni bawang putih, cabai keriting, cabai rawit, ikan basah tongkol, dan ikan trakulu. 

Berdasarkan laman resmi pemantau harga TPID Kota Balikpapan, Kamis (14/8/2014), penurunan harga bawang putih terjadi di Pasar Pandansari dari Rp18.000 per kilogram menjadi Rp16.000 per‎ kilogram.

Akibat penurunan harga ini terjadi penurunan harga jual rata-rata di lima pasar tradisional yang dipantau harganya sebesar Rp400 per kilogram dari Rp18.000 per kilogram menjadi Rp17.600 per kilogram. 

Sementara itu, cabai keriting mengalami penurunan harga rata-rata terbesar hari ini sebesar Rp1.200 per kilogram dari Rp27.400 per kilogram menjadi Rp26.200 per kilogram.

Penurunan harga komoditas ini juga hanya terjadi di Pasar Pandansari menjadi Rp24.000 per kilogram dari Rp30.000 per kilogram. 

‎Adapun untuk dua komoditas ikan basah yakni ikan tongkol dan ikan trakulu, penurunan harga jual rata-rata di lima pasar tradisional mencapai Rp1.000 per kilogram. Rata-rata, harga jual ikan basah tongkol hari ini Rp29.000 per kilogram dan ikan trakulu sebesar Rp58.000 per kilogram.

Cabai rawit menjadi komoditas yang mengalami penurunan harga rata-rata terkecil yakni sebesa‎r Rp400 per kilogram dari Rp25.200 per kilogram dan Rp24.800 per kilogram.

Cabai rawit paling mahal dijual di Pasar Klandasan sebesar Rp28.000 per kilogram dan paling murah di Pasar Pandansari sebesar Rp22.000 per kilogram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper