Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERUSAHAAN DAERAH: Balikpapan Akan Bentuk Tiga Divisi Perusda

Pemerintah Kota Balikpapan akan membentuk tiga divisi pada perusahaan daerah yang dimiliki oleh kota itu.
Ilustrasi/balikpapan.go.id
Ilustrasi/balikpapan.go.id

Bisnis.com, BALIKPAPAN -- Pemerintah Kota Balikpapan akan membentuk tiga divisi pada perusahaan daerah yang dimiliki oleh kota itu guna mengoptimalkan kinerja yang selama ini dianggap masih belum maksimal.

Asisten Bidang Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakot Balikpapan Sri Soetantinah mengatakan tiga divisi tersebut dibentuk karena dinilai bisa dikembangkan sebagai inti bisnis bagi perusahaan pelat merah tersebut.

Ketiga divisi yang akan dibentuk itu yakni divisi perparkiran, divisi kelistrikan, dan divisi kebersihan.

"Sebenarnya ada empat sektor yang dinilai potensial untuk dikembangkan. Namun, karena Perusda Pasar sudah dibentuk sehingga ada tiga divisi saja," ujarnya kepada wartawan, Selasa (12/8/2014).

Pengembangan divisi ini akan diserahkan kepada direksi baru yang pemilihannya bakal dilakukan dalam waktu dekat. Dengan demikian, perusahaan daerah yang selama ini bergerak di semua bidang akan memiliki kemampuan khusus untuk pengembangan sekaligus kerja sama dengan mitra bisnis.

Tantin mengakui sudah ada kerja sama yang dilakukan oleh Perusda Kota Balikpapan seperti kerja sama dengan PT Kariangau Power untuk pembangunan pembangkit di Kawasan Industri Kariangau berkapasitas 2x25 MW.

Kerja sama semacam ini, lanjut Tantin, nantinya bisa dikembangkan agar menguntungkan daerah.

Selain itu, sektor lain yang masih bisa dikembangkan tetapi belum dioptimalkan penerimaannya oleh pemerintah juga bisa dimanfaatkan oleh Perusda Kota Balikpapan.

"Misalnya Perusda ingin mengelola parkir yang selama ini capaiannya selalu berada di bawah target penerimaan. Itu bisa saja dilakukan," tuturnya.

Satu sektor lainnya, yakni kebersihan, potensial untuk dikembangkan utamanya untuk kerja sama dengan pihak ketiga.

"Misalnya saja bekerja sama dengan hotel untuk melayani pengelolaan sampahnya. Ini bisa menjadi pundi-pundi bagi Perusda Kota Balikpapan," katanya.

Apabila divisi ini mampu mengembangkan dan menjalankan bisnisnya secara kontinyu, bisa saja akan dilakukan pemisahan divisi dan menjadi anak perusahaan baru.

Ke depannya, Perusda Kota Balikpapan bisa menjadi perusahaan induk bagi divisi yang ada dan bagi perusahaan daerah lainnya yang telah dibentuk oleh pemerintah.

Tunggu Direksi

Tantin menambahkan pemerintah sedang mempersiapkan direksi baru untuk menggantikan direksi lama yang masa tugasnya habis pada Juni lalu.

Pemkot Balikpapan bahkan memberikan perpanjangan masa tugas direksi lama karena direksi baru belum terpilih.

Dia mengakui ada keterlambatan pemerintah dalam menyeleksi direksi baru Perusda Kota Balikpapan karena masih berpikiran pada konsep yang lama.

Namun, lima anggota tim seleksi beserta kriteria direksi baru telah diajukan kepada wali kota untuk memperoleh masukan dan persetujuan.

Komposisi tim seleksi terdiri dari unsur akademisi, praktisi, hukum, ekonom, dan pemerintah.

Dengan komposisi tersebut, dia berharap bisa mendapatkan direksi yang sesuai dengan rencana pengembangan Perusda.

Sementara untuk kriteria direksi, Tantin menyebutkan siapa pun boleh mendaftar sebagai direktur perusahaan pelat merah tersebut.

Namun, apabila terpilih, direksi tersebut tidak boleh merangkap jabatan di perusahaan atau instansi manapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper