Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polda Sulut Tangkap Kapal Angkut Minyak Tanah 13 Ton

Polisi Perairan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara menangkap salah satu kapal yang mengangkut bahan bakar minyak berupa minyak tanah di perairan Laut Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (9/8/2014).
ilustrasi/
ilustrasi/

Bisnis.com, MANADO—Polisi Perairan Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara menangkap salah satu kapal yang mengangkut bahan bakar minyak berupa minyak tanah di perairan Laut Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara, Sabtu (9/8/2014).

Direktur Pol Air Polda Sulut Kombes Pol. Hero Bachtiar, mengatakan kapal tersebut tidak memiliki dokumen sama sekali saat diperiksa sehingga dilakukan penangkapan.

Kapal yang bernama KMN Sinar Usia itu mengangkut BBM sebanyak 13.000 liter (13 ton), dalam kemasan galon dan drum ini. “Nahkodanya bernama Said Saadin dan juga ABK [anak buah kapal] ditangkap sekitar 4 orang,” ujarnya, Sabtu (9/8/2014).

Kapal KMN Sinar Usia berlayar dari Bacan, Kabupaten Halmahera, dengan tujuan Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara.

Dari hasil pemeriksaan di laut, Kapal KMN Sinar Usia beserta saksi dan barang bukti dibawa ke dermaga Direktorat Pol Air Polda Sulut, di Kelurahan Tandurusa Bitung, untuk diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Sementara itu, pemilik barang tersebut masih dalam pendalaman. Saat ini, dugaan sementara modus dari penyelundupan BBM yang berjenis minyak tanah ini akan dijual dengan harga nonsubsidi ke masyarakat Tumbak, Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Utara.

Dia mengakui penyelundupan BBM bersubsidi asal Maluku Utara semakin marak. “Disparitas harga di wilayah yang masih bersubsidi dengan daerah yang sudah melakukan konversi minyak tanah ke gas, sehingga menjadi penyebab utama aksi penyelundupan tersebut,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper