Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LEBARAN 2014: Uang Tunai Tersalur Rp1,52 Triliun di Balikpapan

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan menyalurkan uang kartal sepanjang periode Ramadan hingga Lebaran tahun ini mencapai Rp1,52 triliun atau meningkat 43,63% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1,06 triliun.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Balikpapan menyalurkan uang kartal sepanjang periode Ramadan hingga Lebaran tahun ini mencapai Rp1,52 triliun atau meningkat 43,63% dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai 1,06 triliun.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Agoes Darminto mengatakan peningkatan ini sesuai dengan proyeksi kebutuhan yang dilakukan oleh perbankan yang ada di wilayah kerja Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan yang meliputi Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser.

“Memang masih ada kecenderungan peningkatan kebutuhan saat Lebaran. Momen ini sering dimanfaatkan untuk memberikan sangu kepada anak yang bertandang saat silaturahmi,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (5/8/2014).

Dari penyaluran uang kartal tersebut, Agoes memperinci, senilai Rp48 miliar merupakan penukaran yang langsung dilakukan oleh masyarakat di Bank Indonesia. Adapun, sisanya merupakan penyaluran rutin kepada perbankan termasuk saat menghadapi libur Lebaran.

Apabila dibandingkan dengan periode sebelumnya, ada penurunan jumlah penukaran uang yang langsung dilakukan oleh masyarakat ke Bank Indonesia. Tercatat, pada Lebaran tahun lalu angka penukaran langsung oleh masyarakat di Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan mencapai Rp61 miliar.

“Karena optimalisasi kerja sama dengan perbankan yang ada di wilayah kerja sudah cukup berjalan optimal sehingga masyarakat ada yang menukarkannya di bank,” katanya.

Untuk nominal penukaran uang, kebanyakan masyarakat menukarkan untuk pecahan Rp2.000 dan Rp5.000. Sementara untuk perbankan, sebagian besar memang dipergunakan untuk mengisi kas di anjungan tunai mandiri (ATM) guna menghadapi libur Lebaran yang cukup lama. “Pecahannya kalau bank memang banyak yang Rp50.000 dan Rp100.000,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan Mawardi B. H. Ritonga mengatakan permintaan akan uang pecahan kecil meningkat jelang Lebaran. Seluruh perbankan yang ada di wilayah kerja Bank Indonesia Perwakilan Balikpapan yang meliputi Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Paser, telah melayani penukaran uang pecahan kecil tersebut. Baik nasabah maupun bukan nasabah dari bank, Mawardi mengatakan perbankan telah bersedia untuk melayani penukaran uang pecahan kecil.

Dalam kondisi normal, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Balikpapan menyediakan Rp1,4 triliun per bulan untuk melayani perbankan tak hanya di wilayah kerjanya tetapi juga sebagai depo untuk perbankan di Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper