Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JEMBATAN COMAL Akan Diperkuat Tiang Beton, Selesai Perbaikan Sementara

Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang sempat ambles dan telah selesai dilakukan perbaikan sementara, akan diperkuat dengan menggunakan konstruksi pancang tiang beton sebagai tumpuan.
 Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub /Bisnis.com
Jembatan Comal (tanda =) dilihat dari Peta Mudik GIS Kemenhub /Bisnis.com

Bisnis.com, SEMARANG - Jembatan Comal di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, yang sempat ambles dan telah selesai dilakukan perbaikan sementara, akan diperkuat dengan menggunakan konstruksi pancang tiang beton sebagai tumpuan.

"Di bagian barat Jembatan Comal akan dilakukan perkuatan dengan konstruksi pancang tiang beton untuk menggantikan yang lama. Sedangkan yang lama akan dirobohkan dan diganti dengan yang baru," kata Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah Bambang Nugroho di Semarang, Selasa (5/8/2014).

Dia menjelaskan bahwa desain konstruksi untuk perkuatan Jembatan Comal sudah ada dan diharapkan bisa segera dilakukan pengerjaannya dengan target dua bulan selesai.

"Untuk perbaikan oprit Jembatan Comal yang saat ini menggunakan armco dan tanah urugan'juga akan diganti dengan dengan perkuatan model tiang pancang sepanjang 20 meter sehingga lebih kuat," ujarnya.

Menurut dia, arus lalu lintas yang melintas di Jembatan Comal akan dialihkan ke jalur-jalur alternatif selama proses pengerjaan perkuatan berlangsung. "Lalu lintas tidak ditutup total tapi dialihkan ke jalur-jalur alternatif, di antaranya Pejagan, Prupuk, dan Pemalang seperti yang dilakukan sekarang," katanya.

Pekerjaan penguatan Jembatan Comal oleh petugas Satuan Kerja Wilayah I, kata Bambang, akan dilakukan secara bertahap yakni dimulai dari sisi sebelah selatan (Semarang-Jakarta) baru kemudian sisi utara (Jakarta-Semarang).

"Harapan kami seluruh pengerjaan dapat selesai dalam waktu dua bulan sehingga perlu ada akselerasi," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan bahwa Jembatan Comal akan dibongkar dan diganti dengan jembatan yang baru setelah Lebaran 2014.

Jembatan Comal kembali dibuka pada Kamis (24/7), sekitar pukul 03.30 WIB, setelah proses perbaikan terhadap bagian jembatan yang retak dan ambles selesai dilakukan.

Kerusakan Jembatan Comal tersebut diperkirakan karena pengaruh banjir bandang pada Februari 2014 sehingga beton penyangga di bagian bawah longsor dan terjadi pergerakan tanah secara perlahan.

Perbaikan secara permanen pada bagian jembatan yang rusak itu tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat karena harus membongkar fondasi bagian bawah yang memerlukan waktu cukup lama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper