Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTEMUAN SBY & PRESIDEN KEPULAUAN SOLOMON: Berikut Poin yang Dibahas

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Gordon Darcy Lilo bertemu untuk membahas pembangunan berkelanjutan di kedua negara.
Susilo Bambang Yudhoyono, SBY
Susilo Bambang Yudhoyono, SBY

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Kepulauan Solomon Gordon Darcy Lilo bertemu untuk membahas pembangunan berkelanjutan di kedua negara.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Salsiah Alisjahbana mengatakan hal itu mengemuka dalam pertemuan antara kedua Kepala Negara di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/8/2014).

"Mereka [dua Kepala Negara] sangat concern pada yang kaitannya sustainable development, khususnya dampak dari climate change," ujarnya usai mendampingi Presiden SBY bertemu dengan PM Gordon.

Dia memaparkan sejumlah isu pembangunan yang menjadi perhatian SBY dan Gordon. Selain sustainable development, keduanya juga membahas Coral Triangle Initiative (CTI).

Armida menambahkan keduanya juga bertemu untuk membahas kerja sama peningkatan pembangunan kapasitas dan pelatihan, khususnya untuk Kepulauan Solomon. Baik Indonesia dan Kepulauan Solomon berkeinginan meningkatkan kerja sama hubungan antar masyarakat (people to people contact).

Dia juga menyebutkan SBY dan Gordon membahas peluang peningkatan kerjasama perdagangan. Hanya saja, lanjutnya, keduanya tidak secara spesifik membahas hal tersebut.

Lawatan kali ini merupakan yang kedua kali PM Gordon ke Indonesia untuk bertemu dengan Presiden SBY. Tahun lalu, PM Gordon melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden SBY di Istana Kepresidenan Bogor.

Kunjungan PM Gordon ke Indonesia pada kali ini untuk meresmikan Kedutaan Besar Kepulauan Solomon di Jakarta. "Sehingga beliau berkomitmen [hubungan bilateral] kita akan permanen dan we will be always friend," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper