Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENUKARAN UANG: BI Padang Buka 6 Layanan untuk Rp2,4 T

Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VIII Padang, Sumatra Barat membuka enam jenis layanan penukaran uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Idul Fitri tahun ini.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, PADANG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia wilayah VIII Padang, Sumatra Barat membuka enam jenis layanan penukaran uang kartal untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menghadapi Idul Fitri tahun ini.

"Ada enam jenis layanan kepada masyarakat guna memenuhi kebutuhan uang kartal pada lebaran tahun ini," kata kata Kepala Kantor Perwakilan BI wilayah VIII, Mahdi Mahmudy, seperti dikutip Antara, Selasa (15/7/2014).

Dia menjelaskan enam bentuk layanan tersebut, pertama penukaran umum, loket drive thru, layanan instansi atau perusahaan, layanan Perbarindo, kas keliling dan layanan Bersama Bank (BB).

Menurutnya, khusus untuk drive thru merupakan layanan inovasi dari BI kepada masyarakat yang menggunakan kendaraan roda empat dan dapat menukarkan uangnya secara langsung.

"Ini tahun kedua kita membuka layanan drive thru. Layanan ini kita tempatkan di Kantor Perwakilan BI wilayah VIII khusus bagi pengguna kendaraan roda empat," katanya.

Selain itu, inovasi lain yang dilakukan BI dalam penukaran uang kartal yakni layanan BB. Ia menjelaskan, layanan BB merupakan kerja sama BI dengan empat bank nasional yang ditunjuk untuk ikut melayani penukaran uang kartal dengan membentuk posko bersama.

"Artinya BI dengan empat bank tersebut melayani masyarakat di lokasi yang sama dengan waktu dan tempat yang sudah ditentukan," katanya.

Mahdi menjelaskan empat bank yang masuk dalam layanan BB tersebut yakni, Bank Negara Indonesia (BNI), BRI, Bank Mandiri dan PT Bank Nagari. Pada lebaran kali ini, jelasnya, BI menyediakan Rp2,4 triliun uang kartal.

"Persiapan dan kebutuhan uang kartal pada lebaran tahun ini meningkat dibanding pada tahun sebelumnya yang hanya Rp1,9 triliun sekarang mencapai Rp2,4 triliun naik 27%," katanya.

Dia menjelaskan dari proyeksi kebutuhan uang kartal Rp2,4 triliun tersebut, diperkirakan Rp2,12 triliun disiapkan dengan pecahan Rp100.000, Rp50.000, dan Rp20.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nurbaiti
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper