Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

300 Mahasiswa RI Dapat Beasiswa dari Belanda

Sebanyak 300 mahasiswa Indonesia mengikuti acara pre-departure briefing, yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia di Erasmus Huis Jakarta, Sabtu (12/7/2014).
Para mahasiswa yang dapat beasiswa ke Belanda. /Istimewa
Para mahasiswa yang dapat beasiswa ke Belanda. /Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA-- Sebanyak 300 mahasiswa Indonesia  mengikuti acara pre-departure briefing, yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia di Erasmus Huis Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

Para mahasiswa tersebut akan melanjutkan studi ke Belanda. Setiap tahun, sekitar 1.500 mahasiswa Indoneaia yang mendapatkan beasiswa dari Pemerintah Belanda.

Belanda menawarkan sistem pendidikan tinggi kelas dunia, dengan 12 universitas menduduki peringkat 200 besar dalam Times World University Ranking.

Dalam pertemuan tersebut, calon mahasiswa antara lain diberi pelatihan informal, melalui kuis interaktif dan presentasi oleh alumni. Mereka juga diberi informasi tentang budaya Belanda, dan tips praktis untuk persiapan tinggal di Belanda.

Tjeerd F. De Zwaan, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, mengatakan setiap tahun dia bertemu dengan para pemuda Indonesia yang antusias melanjutkan studi ke Belanda. Dan jumlah peserta selalu meningkat.

"Kami berharap para mahasiswa ini bisa mewakili Indonesia di Belanda. Bila nanti kembali ke Indonesia, tolong beritahu keluarga dan teman-teman tentang pengalaman Anda di negara saya, di Eropa Utara," ungkap Tjeerd, dalam pertemuan di Jakarta, Sabtu (12/7/2014).

Sementara itu Duta Besar Indonesia untuk Belanda, Retno Marsudi, melalui  rekaman video, memberikan sambutan dari Denhaag. Dia menuturkan bahwa Indonesia dan Belanda melihat pendidikan sebagai prioritas utama dalam hubungan bilateral.

"Studi di Belanda akan membawa orang-orang Belanda dan Indonesia akan lebih dekat," ujar Retno.

Ananto Kusuma Seta, Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional, menambahkan di Belanda rasa ingin tahu intelektual para pelajar akan dipenuhi.

"Di sana kalian akan bertemu dengan orang-orang dari berbagai budaya yang berbeda, dan belajar untuk menghormati mereka terlepas dari latar belakang etnik dan agama," katanya.

Mervin Bakker, Direktur Nuffic Neso Indonesia, berharap Belanda akan menjadi home away from home bagi para calon mahasiswa. "Negara kami akan selalu memiliki tempat khusus di hati Anda,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahmayulis Saleh
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper