Harga Cabai Turun, Kota Manado Deflasi 0,15%

Kota Manado pada Mei 2014 mengalami deflasi 0,15%, terutama disumbang oleh penurunan harga kelompok bahan makanan, khususnya rica (cabai). Adapun, inflasi tahun kelender sebesar 1,29%.
Thomas Mola | 02 Juni 2014 13:58 WIB
Cabai Merah Keriting

Bisnis.com, MANADO - Kota Manado pada Mei 2014 mengalami deflasi 0,15%, terutama disumbang oleh penurunan harga kelompok bahan makanan, khususnya rica (cabai). Adapun, inflasi tahun kelender sebesar 1,29%.

Kepala BPS Sulawesi Utara Faizal Anwar mengatakan kelompok bahan makanan mengalami deflasi sebesar 1,26% atau terjadi penurunan indeks dari 116,18 pada April menjadi 114,72 pada Mei.

"Harga cabai pada Mei pada kisaran Rp36.000/kg, turun signifikan dari bulan sebelumnya karena harga cabai Rp70.000/kg," ujarnya di Manado, Senin (2/6/2014).

Anwar mengatakan pengendalian harga dan manajemen distribusi cabai menjadi kunci utama pengendalian inflasi di Sulut. BPS mengapresiasi langkah BI yang mendorong pembentukan klaster cabai di Kabupaten/Kota di Sulut.

Dia melanjutkan kelompok yang mengalami kenaikan indeks adalah kelompok makanan jadi, minuman, rokok ; kelompok perumahan, listrik, air, gas, dan bahan bakar ; kelompok sandang; kelompok kesehatan, pendidikan, rekreasi dan olahraga; dan kelompok transportasi, komunikasi dan jasa.

"Manado menjadi salah satu dari tiga kota di Sulawesi yang mengalami deflasi. Deflasi terjadi juga di Gorontalo dan Makassar," paparnya.

Tag : deflasi, harga cabai
Editor : Nurbaiti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top