Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SENGKETA PATEN: Apple dan Google Sepakat Damai

Sengketa paten antara dua raksasa teknologi dunia, Apple Inc. dan Google Inc., di pengadilan akhirnya berakhir setelah kedua perusahaan menyatakan sepakat berdamai.
Samsung-Goolge. Sepakat damai dalam sengketa paten/gadgets.ndtv
Samsung-Goolge. Sepakat damai dalam sengketa paten/gadgets.ndtv

Bisnis.com, WASHINGTON--Sengketa paten antara dua raksasa teknologi dunia, Apple Inc. dan Google Inc., di pengadilan akhirnya berakhir setelah kedua perusahaan menyatakan sepakat berdamai.

Apple dan Google menarik gugatan masing-masing dan bakal bekerja bersama dalam mereformasi undang-undang (UU) paten. Gugatan yang dicabut termasuk perselisihan paten yang digunakan perangkat keluaran Motorola Mobility, anak usaha Google, demikian dilansir Bloomberg, Sabtu (17/5/2014).

Apple juga tidak membatalkan gugatan patennya terhadap Samsung Electronics Co., yang memakai sistem operasi Android milik Google dalam perangkat-perangkatnya.

"Apple dan Google sepakat untuk mencabut seluruh gugatan terhadap masing-masing perusahaan. Kedua perusahaan setuju bekerja bersama dalam upaya mereformasi paten. Kesepakatan ini tidak mencakup lisensi silang," demikian pernyataan resmi yang dikeluarkan kedua perusahaan.

Kesepakatan damai ini menurunkan intensitas perselisihan antara dua perusahaan yang berbasis di Silicon Valley, California, AS itu. Total gugatan yang saling dilemparkan Apple dan Google mencapai 20 buah, diajukan di pengadilan-pengadilan AS serta Eropa.

Sistem operasi iOS kepunyaan Apple dan Android milik Google digunakan di mayoritas smartphone serta tablet di seluruh dunia.

Perkara ini telah berlangsung 3 tahun setelah Googel mengakuisisi Motorola Mobility dan sekitar 17 ribu paten serta aplikasi yang dikembangkan perusahaan AS tersebut.

Dengan berakhirnya perselisihan, kedua perusahaan ini akan bekerja sama melobi pemerintah untuk memperketat persyaratan dalam mengajukan gugatan paten. Meski, di sisi lain, Apple termasuk dalam kelompok yang pernah memperingatkan Kongres AS karena dipandang terlalu membatasi hak paten.

Apple dan Google juga termasuk korporasi yang paling banyak mendapatkan hak paten. Pada 2012, masing-masing mendapat lebih dari seribu paten di luar paten yang beli.

Seperti diketahui, salah satu pendiri Apple Steve Jobs pernah mengumumkan perang terhadap Google setelah pengelola mesin pencari ternama itu mengeluarkan Android sekitar 6 tahun lalu. Hal ini berujung pada keluarnya Eric Schmidt, salah satu direksi Apple yang ketika itu menjabat juga sebagai CEO Google.

Atas perdamaian ini, juru bicara Samsung Adam Yates belum memberikan komentarnya. (Bloomberg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Annisa Margrit
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper