Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Brasil Naikkan Pajak Minuman Dingin untuk Tingkatkan Pendapatan

Pemerintah Brasil akan menaikan pajak minuman dingin seperti bir dan soda mulai 1 Juni mendatang, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan setelah mengalami penurunan kredit pertamanya selama 10 tahun.
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BRASIL - Pemerintah Brasil akan menaikan pajak minuman dingin seperti bir dan soda mulai 1 Juni mendatang, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan setelah mengalami penurunan kredit pertamanya selama 10 tahun.

Seperti dilansir Bloomberg pada 30/04/2014, langkah yang baru diumumkan hari ini dan berlaku pada 1 Juni diharapkan akan meningkat senilai 1,5 miliar reais (US$ 671.000.000) pada akhir tahun dan akan memiliki dampak yang minimal terhadap inflasi, hal ini disampaikan Carlos Alberto Barreto, kepala pajak federal kepada wartawan di Brasilia kemarin (29/4/2014).

Pada 24 Maret lalu, Standard & Poor menurunkan peringkat kredit Brasil satu tingkat ke BBB-, peringkat terendah untuk investasi, dengan performa yang stabil. Langkah ini mengakhiri peregangan selama satu dekade untuk pasar negara berkembang terbesar kedua di dunia.

S&P mengatakan pertumbuhan ekonomi yang lamban dan kebijakan fiskal ekspansif merupakan hal memicu peningkatan tingkat utang negara itu.

"Tentu, tindakan tersebut memperkuat anggaran di tingkat federal, negara bagian dan kota," kata Barreto.

Barreto mengatakan bahwa dampak umum dari inflasi diharapkan sangat rendah karena harga rata-rata untuk konsumen minuman akan meningkat sebesar 13%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper