Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Brasil Naikkan Pajak Minuman Dingin untuk Tingkatkan Pendapatan

Pemerintah Brasil akan menaikan pajak minuman dingin seperti bir dan soda mulai 1 Juni mendatang, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan setelah mengalami penurunan kredit pertamanya selama 10 tahun.
Annisa Lestari Ciptaningtyas
Annisa Lestari Ciptaningtyas - Bisnis.com 30 April 2014  |  13:45 WIB
 Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, BRASIL - Pemerintah Brasil akan menaikan pajak minuman dingin seperti bir dan soda mulai 1 Juni mendatang, sebagai bagian dari upaya meningkatkan pendapatan setelah mengalami penurunan kredit pertamanya selama 10 tahun.

Seperti dilansir Bloomberg pada 30/04/2014, langkah yang baru diumumkan hari ini dan berlaku pada 1 Juni diharapkan akan meningkat senilai 1,5 miliar reais (US$ 671.000.000) pada akhir tahun dan akan memiliki dampak yang minimal terhadap inflasi, hal ini disampaikan Carlos Alberto Barreto, kepala pajak federal kepada wartawan di Brasilia kemarin (29/4/2014).

Pada 24 Maret lalu, Standard & Poor menurunkan peringkat kredit Brasil satu tingkat ke BBB-, peringkat terendah untuk investasi, dengan performa yang stabil. Langkah ini mengakhiri peregangan selama satu dekade untuk pasar negara berkembang terbesar kedua di dunia.

S&P mengatakan pertumbuhan ekonomi yang lamban dan kebijakan fiskal ekspansif merupakan hal memicu peningkatan tingkat utang negara itu.

"Tentu, tindakan tersebut memperkuat anggaran di tingkat federal, negara bagian dan kota," kata Barreto.

Barreto mengatakan bahwa dampak umum dari inflasi diharapkan sangat rendah karena harga rata-rata untuk konsumen minuman akan meningkat sebesar 13%.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pajak brasil
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top