Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

3.323 Anak Di Bawah 16 Tahun Terlibat Tindak Pidana

Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menyatakan sebanyak 3.323 anak yang berumur kurang dari 16 tahun menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia karena terlibat berbagai tindak pidana.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 April 2014  |  02:39 WIB
Menkumham Amir Syamsudin - JIBI
Menkumham Amir Syamsudin - JIBI

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin menyatakan sebanyak 3.323 anak yang berumur kurang dari 16 tahun menjadi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan di Indonesia karena terlibat berbagai tindak pidana.

"Itu merupakan data yang diperoleh sampai Maret 2014," kata Menkumham lewat pesan tertulis yang dibacakan Wakil Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman saat memimpin upacara Peringatan Hari Emas (ke 50 tahun) Pemasyarakatan Indonesia di halaman Lapas Kelas IIA Pekanbaru, Minggu (27/4/2014).

Menurut dia, kondisi tersebut menggambarkan bahwa kejahatan yang dilakukan oleh anak-anak sudah sangat mengkhawatirkan.

Untuk itu, demikian Amir, diperlukan upaya penanganan yang sangat serius terhadap kehatan yang dilakukan oleh kalangan anak.

Peran serta masyarakat, penegak hukum dan korban menurut dia sangat penting agar anak yang sedang bermasalah dengan hukum terhindar dari stigmatisasi dan dapat kembali ke dalam lingkungan sosial secara wajar.

"Selain itu, dalam proses penanganan terhadap anak yang bermasalah hukum perlu juga didasari pada terciptanya keadilan restoratif, baik bagi pelaku maupun bagi korban," katanya.

Menurut dia, keadilan restoratif merupakan suatu penyelesaian perkara tindak pidana dengan melibatkan semua pihak untuk bersama-sama mengatasi masalah serta menciptakan suatu kewajiban untuk membuat segala sesuatunya lebih baik dengan menekankan pemulihan kembali pada pelaku kejahatan golongan anak.

"Kembalikan sifat mereka keseperti semula dan bukan malah pembalasan. salah satu bentuknya adalah pengalihan penyelesaian perkara anak dari proses peradilan pidana ke proses di luar peradilan pidana atau yang dikenal dengan proses diversi," kata dia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkumham

Sumber : Antara

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top