Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Kabupaten & Kota Terbaik dalam Pelayanan Publik

Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Muhammad Abdi Amna
Muhammad Abdi Amna - Bisnis.com 25 April 2014  |  18:55 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Tangerang yang diwakili oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menerima penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Penilaian atas penghargaan yang diberikan dalam Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke XVIII Tahun 2014  bertempat di Istana Negara, Jakarta, Jum'at (25/42014) dilakukan secara menyeluruh dan dilakukan oleh banyak kementerian.

Penghargaan Samkaryanugraha Parasamya Purnakarya Nugraha merupakan penghargaan untuk daerah yang dianggap berkinerja tinggi dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan.

Penghargaan ini juga sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat terhadap pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota yang telah berhasil menerapkan prinsip-prinsip otonomi daerah terutama yang terkait dalam usaha mensejahterakan masyarakatnya.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Djoehermansyah Djohan mengatakan Kota Tangerang dinilai maju dalam pelayanan publik, pelayanan pemerintahan serta tingkat partisipasi masyarakat yang cukup baik.

Penilaian ini lanjutnya didasarkan pada prestasi daerah dalam menjalankan 34 kewenangan yang diserahkan dari pusat ke daerah.

Penilaian dilakukan dengan menggelar desk evolution, yakni mencermati informasi dan data dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan menggunakan kriteria penilaian kinerja Pemerintah Daerah (Tataran Pengambil Kebijakan dan Tata Pelaksana Kebijakan).

Selain itu, juga mengaplikasikan common sense survey khususnya kepada daerah-daerah yang masuk kinerja paling tinggi melalui kunjungan lapangan.

Selain Kota Tangerang penghargaan ini juga diberikan kepada Kota Cimahi, Kota Yogyakarta dan Kota Depok. Sementara untuk kabupaten diraih oleh Kabupaten Pacitan, Kab.Jombang dan Kab.Sleman.

Sementara itu, Presiden SBY memberikan apresiasi kepada seluruh daerah yang telah berhasil menerima penghargaan dan diharapkan agar terus meningkatkan kinerja yang telah dilakukannya selama ini.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang pemda
Editor : Sepudin Zuhri

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top