Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkatkan Daya Saing, GPEI Sumut Gelar Pelatihan

Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatra Utara akan menggelar pelatihan bagi para eksportir dan importir untu meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme menjelang penerapan Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015.
Febrany D. A. Putri
Febrany D. A. Putri - Bisnis.com 23 April 2014  |  10:03 WIB
Aktivitas bongkar muat barang ekspor. GPEI Sumut genjot daya saing - Bisnis
Aktivitas bongkar muat barang ekspor. GPEI Sumut genjot daya saing - Bisnis

Bisnis. com,  MEDAN--Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) Sumatra Utara akan menggelar pelatihan bagi para eksportir dan importir untu meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme menjelang penerapan Masyarakat Ekonomi Asean pada 2015.

Ketua GPEI Sumut Khairul Mahalli menyebutkan, pelatihan yang akan dilaksanakan pada 20-23 Mei 2014 tersebut merupakan pelatihan ketiga.

"Nantinya kami memberikan beberapa materi seperti pendalaman kebijakan perdagangan, terutama dengan UU Perdagangan yang baru, peluang pasar ekspor, pengisian PIB dan PEB, pergudangan, hingga sistem pembayaran," ujar Khairul, Rabu (23/4/2014).

Pada pelatihan bulan depan, GPEI Sumut juga telah menyiapkan beberapa program kunjungan, seperti ke pelabuhan Malaysia. Selain itu, ada pula kunjungan untuk mengetahui lebih dalam fasilitas kargo udara di Bandara Internasional Kuala Namu.

"Pelatihan ini juga kami tujukan untuk UKM atau BUMN pembina UKM agar bisa menjajaki kemungkinan ekspor. Selama ini kami melihat, keberanian dan konsistensi penggarapan pasar luar negeri masih minim," tambah Khairul.

Adapun pelatihan ini bersifat terbuka dan dapat diikuti baik leh perusahaan, koperasi, BUMN dan BUMD atau perorangan yang ingin menggeluti usaha perdagangan internasional. Peserta pelatihan juga akan mendapatkan kesempatan untuk menjalin kerja ama dengan perusahaan luar negeri.

"Beberapa calon peserta justru datang dari luar Sumut, seperti dari Lampung, Banten, dan Jawa Barat. Kami berharap pelatihan ini dapat meningkatkan daya saing eksportir dan importir Sumut menyambut MEA 2015," pungkas Khairul.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sumut
Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top