Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bandara Kertajati: Pembebasan Lahan, Dishub Jabar Alokasikan Dana Tambahan

Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat DeddyTaufik mengatakan fokus penambahan anggaran untukpembebasan lahan masih dimungkinkan pada APBD perubahan 2014 ini.
Ilustrasi/cirebonradio.com
Ilustrasi/cirebonradio.com

Bisnis.com, BANDUNG -- Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat DeddyTaufik mengatakan fokus penambahan anggaran untukpembebasan lahan masih dimungkinkan pada APBD perubahan 2014 ini.Menurut Deddy, pihaknya sudah mempersiapkan alokasi sebesar Rp100miliar tambahan untuk membebaskan lahan seluas 100 hektare.Selain pembebasan lahan 2014 ini, Dedddy menyebutkan pihaknya tengah menggarap rencana teknik terinci (RTT) untuk sisi darat BIJB Kertajati.Jika ini juga rampung, maka dirinya optimistis proyek pembangunan terminal akan bisa dilakukan pada Januari 2015. Saat ini sudah 777,5 hektare lahan dibebaskan ditambah 143 hektare lahan fasilitas sosial dan umum. Dia menghitung kebutuhan lahan untuk pembangunan terminal paling tidak harus sudah mencapai 970 hektar.Lahan seluas itu untuk komposisi taxiway, apron, menara dan 1 landasan pacu.Pihaknya saat ini mencoba untuk memenuhi terlebih dahulu kebutuhan lahan untuk landasan pacu sekitar 100 hektaer.Runway yang sudah ada itu untuk 2.750 meter, kami ingin 4.000 meter. Kami konsentrasi pembebasan di dua desa untuk 100 hektare tambahan, paparnya.Deddy sendir imeminta secara khusus agar Pemerintah Kabupaten Majalengka turut membantu memperlancar pembebasa nlahan. Menurutnya, komunikasi antaratim pembebasan lahan dibantu dengan Pemkab Majalengka akan lebih memperlancar proses. Komitmen Bupati Majalengka Soetrisno untuk mempercepat pembangunan sendiri menurutnya sudah disampaikan langsung kepada Presiden SBY saat melakukan kunjungan beberapa waktu lalu.Sebelumnya, Deputi Sarana Prasarana Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) Dedi Supriyadi mengatakan pemerintah pusat menargetkan landasan pacu BIJB Kertajati akhir 2014 ini bisa selesai. Menurutnya di sela penyelesaian landasan, harusnya pembangunan terminal sudah bisa berjalan.Terminal belum dibangun, gubernur sudahmengalokasikan tapi terlalu kecil, katanya.Pihaknya berharap Pemprov Jabar segera menambah anggaran agar terminal bisa turut dibangun.Pemerintah menurutnya akan menyelesaikan landasanpacu 2.500 meter dan jika pembebasan lahan sudah beres maka target memiliki landasan sepanjang 4.000 meter bisa terealisasi. Ini akan melebihi landasan pacuCengkareng, katanya.Menurutnya perpanjangan menjadi 4.000 meter mungkin tidak sekaligus namun terlebih dahulu melihat potens ipenumpang. Pihaknya mengaku tetap akan meminta Pemprov Jabar segera mengurus lahan untuk terminal agar landasan yang dibangun tidakterbengkalai. Kalau terminal enggak ada bisa dipakai balapan motor landasannya, katanya.Dedi menaksir jika pada 2014 ini pusat mengucurkan Rp130 miliar untuk landasan, maka pada 2015 mendatang kemungkinan dana yang dikucurkan bisa mencapai Rp600 miliar.Pokoknya [sisidarat] sudah menjadi komitmen kita untuk diselesaikan, tapi tolong anggaran PemprovJabar jangan terlalu kecil, kata Dedi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper